Subscribe:

Senin, 19 Desember 2011

Cara Islami Mengatur Keuangan


A. Pengelolaan Keuangan Islami

Pendapatan

Pendapatan adalah seluruh pemasukan atau penghasilan yang kita peroleh. Kenalilah nominal angka dan sumber pendapatan ini dengan baik. Bagi yang penghasilannya tergolong wajib pajak maka yang dimaksud penghasilan adalah penghasilan setelah potong pajak.

Mengenali penghasilan sama saja dengan proses untuk mem-break down seluruh nominal dan sumber penghasilan yang dimiliki. Proses ini sangatlah penting untuk dilakukan. Karena untuk dapat mengelola keuangan keluarga, pintu gerbangnya ada di pengenalan pendapatan ini. Bila kita tidak melakukan proses ini maka kita tidak dapat mengelola pemanfaatan pendapatan dengan baik. Pendapatan merupakan kunci pengelolaan keuangan keluarga. Dari pendapatan inilah akhirnya kita harus mengatur biaya rutin, biaya antisipatip, investasi akhirat dan biaya investasi dunia.

Hutang

Siapa orangya di dunia ini yang selama hidupnya tidak pernah berhutang? Sekaya siapapun orang tersebut, penulis yakin dia pernah berhutang. Hutang dilakukan karena seseorang ingin memenuhi kebutuhan namun karena satu alasan, pemenuhannya bukan dari sumber pendapatan. Hal ini memaksa dirinya untuk menggunakan sumber pendanaan dari pihak lain. Berbagai alasan tentunya menjadi latarbelakang, mengapa mereka harus berhutang.

Sangat disayangkan apabila orang berhutang karena alasan yang tidak jelas seperti karena perilaku boros, ikut-ikutan mengikuti tren dan gaya hidup dan sebagainya. Berkaitan dengan hidup boros, kita sebaiknya memperhatikan sinyalemen dari Allah SWT pada QS 17: 26, 27[15].

Allah SWT lebih menyukai muslim yang hidup sederhana dibandingkan yang berlebih-lebihan atau boros. Hidup sederhana akan mencegah orang untuk berhutang. Hutang akan menjadikan seorang muslim kesusahan di malam hari dan merasa terhina di siang hari. Kita sering melihat perilaku yang muncul pada diri orang yang banyak berhutang. Diantaranya merasa malu atau minder yang menyebabkan dia sering menghindar bertemu dengan orang lain. Terutama dengan orang yang memberi hutang kepadanya. Sering merasa tidak percaya diri. Bila dia menjadi seorang pekerja maka terkadang dia menjadi sering tidak masuk bekerja. Hutang juga dapat mendekatkan diri pada kekufuran. Rasulullah SAW menyatakan hal tersebut pada sabdanya:

“Aku berlindung diri kepada Allah dari kekufuran dan hutang. Kemudian ada seorang laki-laki bertanya: Apakah engkau menyamakan kufur dengan hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Ya!” (Riwayat Nasa’i dan Hakim)

Hutang juga dapat menyebabkan seseorang berkata tidak jujur. Apabila berkata, suka berdusta. Demikian yang dikatakan Nabi Muhammad SAW:

“Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadaMu dari berbuat dosa dan hutang. Kemudian ia ditanya: Mengapa Engkau banyak minta perlindungan dari hutang ya Rasulullah? Ia menjawab: Karena seseorang kalau berhutang, apabila berbicara berdusta dan apabila berjanji menyalahi.” (Riwayat Bukhari)

Oleh karenanya Nabi Muhammad SAW mengajarkan kita untuk senantiasa berdoa untuk terhindar dari hutang.

“Ya Tuhanku! Aku berlindung diri kepadamu dari terlanda hutang dan dalam kekuasaan orang lain.” (RiwayatAbu Daud)

Kita juga harus berhati-hati terhadap hutang karena Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan tidak tercapainya tujuan akhir kita yaitu kebahagian hidup di akhirat dengan sabdanya:

“Akan diampuni orang yang mati syahid semua dosanya melainkan hutang.” (Riwayat Muslim)

Oleh karenanya hutang harus segera dibayar sebelum kita meninggal. Sangat perlu diperhatikan bagi satu keluarga, apabila seorang istri atau suami berhutang kepada orang lain maka dia harus memberitahukan tentang hutangnya kepada pasangannya tersebut. Tujuannya adalah agar apabila salah satu dari keduanya meninggal sebelum sempat melunasi hutang maka pasangannya dapat melunasi hutang tersebut.

Bila terpaksa harus berhutang Rasulullah SAW mengajarkan kita meniatkan untuk melunasinya sesegera mungkin.

“Barangsiapa hutang uang kepada orang lain dan berniat akan mengembalikannya, maka Allah akan luluskan niatnya itu; tetapi barangsiapa mengambilnya dengan Niat akan membinasakan (tidak membayar), maka Allah akan merusakkan dia.” (Riwayat Bukhari).

Disamping itu, hendaknya kita juga dapat menghindari praktek hutang melalui riba. Mendasarkan pada hal ini maka dalam mengelola akun pemanfaatan pendapatan, membayar hutang harus dilakukan sesegara mungkin dan diprioritaskan pada saat kita menerima pendapatan.

Presentase hutang terhadap pendapatan harus dijaga sedemikain rupa sehingga sisa pendapatan masih liquid untuk pemanfaatan lainnya. Berdasarkan pengalaman, persentasi hutang ini harus dijaga sekitar 30 % hingga 35 % dari pendapatan. Bila presentasi hutang lebih tinggi dari pada itu maka sisa pendapatan menjadi rigid. Susah bagi kita untuk memanfaatkan sisa pendapatan baik untuk kegiatan mengantisipasi risiko, investasi dunia apalagi untuk investasi akhirat.

Disamping jumlah persentase, peruntukan hutangpun harus diperhatikan. Akan sangat bijaksana bila berhutang karena sesuatu kebutuhan yang sangat mendesak. Jangan berhutang karena sesuatu yang bukan kebutuhan. Penulis masih ingat ketika masih bekerja di salah satu perusahaan Jepang. Rekan-rekan kerja penulis bahkan yang levelnya di bawah penulis sangat berlomba-lomba membuat kartu kredit. Terkadang satu orang memiliki lebih dari 1 kartu kredit. Mereka tidak sadar ketika mereka melakukan transaksi jual beli dengan kartu kredit maka pada saat itulah mereka masuk perangkap riba. Apalagi bila pembayaran kreditnya hanya sejumlah minimum yang disarankan oleh lembaga empunya. Tak tahulah kapan cicilan akan selesai.

Biaya Rutin

Biaya rutin adalah biaya yang harus dikeluarkan secara rutin. Dipandang dari waktu pengeluarannya, pengeluaran rutin dapat dikelompokan dalam 3 katagori [16] yaitu pengeluaran harian, bulanan dan tahunan.

Pengeluaran harian adalah pengeluaran yang secara rutin dikeluarkan oleh kita sehari-hari. Termasuk dalam kelompok pengeluaran ini adalah biaya untuk belanja kebutuhan dapur dsbnya. Bagi sebagian kalangan lainnya pengeluaran di atas terkadang masuk ke dalam kelompok pengeluaran rutin mingguan dan ada juga yang bulanan.

Pengeluaran mingguan dikeluarkan akibat adanya transaksi mingguan. Kegiatan tersebut diantaranya pemakaian gas untuk memasak dan belanja air mineral. Berbelanja kebutuhan pokok, bagi sebagian kalangan juga menjadi kebutuhan mingguan.

Pengeluaran bulanan adalah pengeluaran yang dikeluarkan secara rutin setiap bulannya. Oleh karena sebagian besar dari kita adalah pekerja yang sumber pendapatannya berasal dari gaji bulanan maka kebutuhannyapun sebagian besar adalah kebutuhan bulanan. Termasuk dalam kebutuhan ini adalah pembayaran listrik, telepon, SPP sekolah, cicilan rumah, cicilan motor, cicilan mobil, biaya antar jemput anak, kontrak rumah bulanan dll.

Pengeluaran tahunan adalah pengeluaran yang secara rutin dikeluarkan setiap tahunnya. Biasanya jenis pengeluaran ini menyita banyak perhatian keluarga oleh karena jumlahnya terkadang sangat besar dan waktunya yang hampir bersamaan. Membeli perlengkapan sekolah seperti buku pelajaran, baju seragam, sepatu dan sejenisnya adalah pengeluaran tahunan yang sering menjadi momok bagi ibu rumah tangga. Membayar kontrakan rumah, pajak motor, pajak mobil juga pajak rumah dilakukan setiap tahun.

Zakat

Zakat merupakan bentukan dari kata zaka yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh dan berkembang. Itu berarti bahwa setiap harta yang sudah dibayarkan zakatnya akan menjadi suci, bersih, baik, berkah, tumbuh dan berkembang.

Muhammad Safak & Achmad Firdaus menganalogikan prosesi zakat dengan pencucian badan. Dengan membayangkan sekelompok anak-anak yang bermain bola dalam kondisi lapangan berlumpur. Lapangan menjadi sangat becek. Pakaian dan badan anak-anak menjadi kotor berlumpur. Untuk membersihkan pakaian dan badannya, anak-anak harus mandi dengan air bersih.

Mandi dengan air bersih belum menjamin badan anak-anak menjadi bersih. Meskipun dengan kasat mata badan mereka tampak bersih namun bekas-bekas kotoran dan lumpur mungkin saja masih melekat di badan. Anak-anak harus mandi dengan mengunakan air bersih juga menggunakan sabun mandi dan sampo. Dengan menggunakan sabun mandi dan sampo badan anak-anak menjadi lebih bersih dan harum.

Lalu bagaimana dengan pakaian yang kotor berlumpur? Pakaian harus direndam terlebih dahulu dengan air bersih juga dengan tambahan detergen pembersih sesuai takaran. Pakaian selanjutnya dicuci. Pakaian akan tampak bersih dan harum.

Pertanyaannya, bisakah pakaian kotor berlumpur menjadi bersih kembali seperti sedia kala bila hanya dicuci dengan air bersih saja tanpa menggunakan detergen pembersih? Kemungkinannya sangat kecil. Pakaian tidak akan tampak seperti sedia kala. Sisa kotoran dan lumpur masih akan terlihat.

Zakat berperan sebagai pembersih sebagaimana sabun mandi, shampo serta detergen. Nah tanpa membayar zakat, harta benda kita masih kotor berlumpur. Harta kita masih belum suci, belum bersih, kurang baik, kurang berkah dan akan dengan mudah hilang dari genggaman kita. Ingat sifat reversible harta!.

Ada dua pendapat yang berbeda dalam perhitungan zakat ini. Perbedaannya pada sandaran yang digunakan. Pendapat pertama menyandarkan zakat penghasilan pada zakat pertanian dan pendapat kedua menyandarkan pada zakat perdagangan. Pendapat pertama menyatakan bahwa bila total penghasilan dalam setahun melebihi nisab 750 kg beras maka kekayaan yang dimiliki sudah terkena wajib zakat. Besarnya zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar 5% dari penghasilan. Sedangkan pendapat kedua menyatakan bila total penghasilan dalam setahun melebihi nisab 85 gram emas maka kekayaan yang dimiliki sudah terkena wajib zakat. Besarnya zakat yang harus dibayarkan adalah sebesar 2.5% dari penghasilan.

Kedua pendapat tersebut adalah benar, penulis menyerahkan sepenuhnya kepada para pembaca untuk memilih pendapat mana yang diyakini.

Biaya Antisipatip.

Hidup di dunia penuh dengan ketidak pastian. Tidak ada seorangpun yang dapat memperkirakan dengan pasti, apa yang akan terjadi pada dirinya di esok hari. Diapun tidak dapat mengetahui hasil dari yang diusahakannya hari ini[17]. Dari sini, lahirlah suatu teori ketidakpastian. Hanya ada satu keniscayaan yaitu terjadinya kematian. Meskipun waktu dan tempatnya tidak dapat diketahui dengan pasti.

Sesuatu yang menimpa kita akibat dari ketidakpastian ini disebut risiko. Risiko terkadang sesuai dengan harapan kita namun terkadang juga tidak sesuai dengan harapan kita. Dalam bahasa matematikanya risiko yang sesuai dengan harapan disebut risiko positip dan yang tidak sesuai harapan adalah risiko negatip. Ketika seseorang dari arah Pasar Minggu hendak menuju daerah Semanggi dia berharap jalan di sekitar Mampang lancar. Namun kenyataannya ketika melalui Jalan Mampang, daerah tersebut macet total maka dalam kondisi ini orang tersebut mendapat risiko yang tidak sesuai dengan harapannya. Itulah risiko yang harus diterimanya karena memilih lewat Mampang bukan lewat Jalan Pancoran.

Berkaitan dengan risiko, Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita terhadap ketidakpastian yang mungkin terjadi pada diri kita[18] yaitu: Kita harus menjaga 5 hal sebelum kedatangan 5 hal lainnya. Menjaga waktu muda sebelum tua. Manfaatkan waktu muda kita untuk melakukan hal-hal yang baik. Banyak hal bisa dilakukan pada masa muda. Menabunglah kebaikan dan kebajikan di masa muda. Jangan menunggu masa tua karena apabila telah memasuki masa tua, tenaga dan fikiran sudah tidak optimal lagi.

Kalo memang di waktu muda kita bisa menjadi pengelola usaha maka kenapa kita harus menunggu hingga masa pensiun datang. Kalo di masa muda kita bisa banyak beramal, janganlah kita menunggu masa tua.

Menjaga sehat sebelum sakit. Nikmatnya sehat benar-benar terasa ketika kita mendapat ujian dari Allah SWT berupa sakit. Pada saat kita sakit gigi, kita akan merasakan segala sesuatu menjadi sangat menjengkelkan. Mendengar orang teriak-teriak, kita menjadi kesal. Melihat orang lain makan ice cream, wuhh….kesel rasanya. Ketika kita sakit typhus, segala apa yang dimakan menjadi tidak enak. Selera makan hilang. Nafsu makanpun lenyap. Oleh karena itu ketika kita diberikan Allah SWT dengan nikmat kesehatan, manfaatkanlah kondisi tersebut untuk menjaga kesehatan, berolah raga, beraktifitas yang baik.

Menjaga kaya sebelum miskin. Pada saat kita diberikan Allah SWT dengan nikmat harta yang berlebih hendaknya kita menyegerakan berbuat amal kebaikan. Perbanyaklah membayar zakat infak shadaqoh, menunaikan ibadah haji, perbanyaklah qurban, wakaf dll. Jangan tunda beramal kebajikan hingga Allah SWT mengambil kembali harta titipanNya.

Menjaga hidup sebelum mati. Sebelum masa kontrak kita di dunia habis, hendaknya kita dapat memanfaatkan waktu hidup kita dengan banyak beramal sholeh dan kebaikan. Kalo sudah mati, kita tidak dapat melakukan apa-apa lagi. Jangankan melakukan satu dan lainnya, lah wong untuk dimakamkan saja kita membutuhkan pertolongan orang lain.

Nah, biaya-biaya yang timbul dari dampak pengelolaan risiko di atas dikelompokan ke dalam biaya antisipatip. Salah satu pos lagi dalam usaha mengelola biaya antisipatip adalah dengan mengalokasikan biaya antisipatip dalam bentuk dana cadangan (emergency fund). Emergency fund Adalah suatu dana yang telah dialokasikan secara terpisah, yaitu untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya sangat darurat.

Mengapa biaya ini perlu diadakan? Ingat risiko terkadang terjadi di luar perkiraan kita. Sewaktu-waktu bisa terjadi dimana mobil milik kita tiba-tiba harus turun mesin. Ada kerabat dari kampung yang datang bersilaturahmi ke rumah. Terkena tilang di jalan dsbnya. Biaya yang timbul dari kejadian ini sebaiknya jangan mengganggu akun biaya rutin. Kita harus menyediakan anggaran khusus untuk keperluan ini.

Investasi Akhirat

Investasi adalah menunda konsumsi di hari ini untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Itu berarti investasi akhirat adalah menunda konsumsi di dunia untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak di akhirat nanti. Beberapa bentuk investasi akhirat adalah:

a) Infak - Shadaqoh.

Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdoa: “Ya Allah, karuniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdoa: “Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya).” (Mutafaq’alaih)

Infak[19] berasal dari kata anfaqa yang berarti mengeluarkan sesuatu (harta) untuk kepentingan sesuatu. Menurut terminologi syariah infak berarti mengeluarkan sebagian harta atau pendapatan untuk suatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran islam. Bila zakat memiliki batas minimum wajib zakat (nishab) maka tidak demikian halnya dengan infak. Berapun harta (pendapatan) yang kita miliki maka infak boleh dikeluarkan.

Infak boleh diberikan kepada siapa saja, sedangkan zakat hanya diberikan kepada orang-orang tertentu yang biasa disebut mustahiq. Dengan demikian berbeda dengan zakat, infak memilliki banyak kebebasan dalam penunaiannya.

Sedekah berasal dari kata shadaqa yang berarti benar. Menurut terminologi syariah pengertian sedekah sama dengan infak termasuk hukum dan ketentuan-ketentuannya. Perbedaannya terletak pada obyek kegiatan. Bila infak hanya terbatas pada sesuatu yang bersifat materi maka sedekah bisa bersifat non materi. Yang dimaksud non materi misalnya dzikir, melakukan hubungan suami istri, menyingkirkan duri dari jalanan dll.

b) Haji

Haji berarti sengaja melakukan sesuatu, yaitu sengaja datang ke Mekah, mengunjungi Ka’bah dan tempat-tempat lainnya untuk melakukan rangkaian ibadah tertentu, seperti wukuf, thawaf, sa’i dan amalan lainnya pada masa tertentu dengan syarat - syarat tertentu[20]. Ibadah haji adalah ibadah fardhu bagi umat islam[21].

Yusuf al-Qaradhawi[22] mengatakan bahwa penggalan ayat di atas yang berbunyi wa man kafara (barang siapa yang mengingkari) adalah orang yang tidak melaksanakan haji atau menolak kewajiban. Itu artinya orang yang tidak melaksanakan haji dikelompokan ke dalam orang yang mengingkari perintah Allah SWT. Semoga kita dijauhkan dari kelompok ini. Ibadah haji menjadi berbeda dengan ritual ibadah lainnya karena ibadah haji merupakan satu-satunya ibadah yang menggabungkan kemampuan fisik dan harta. Bandingkan dengan ibadah puasa, shalat dan zakat. Puasa atau shalat merupakan ibadah yang sangat tergantung pada kemampuan fisik. Sedangkan zakat sangat tergantung kemampuan harta. Adapun ibadah haji hanya dilakukan setahun sekali dan ibadah ini sangat tergantung pada kemampuan fisik dan kemampuan harta. Ingat, oleh karena kondisi fisik dan harta dapat berubah dengan tak terduga maka sebaiknya kita dapat menyegerakan ibadah haji ini.

Ibadah haji adalah wajib bagi umat islam yang mampu. Kembali Dr. Yusuf Al Qaradhawi mengatakan bahwa yang dimaksud mampu disini adalah mampu untuk membawa bekal perjalanan dan bermukim. Disamping bekal untuk dirinya, umat islam yang melaksanakan ibadah haji pun harus mampu mencukupi nafkah bagi keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

Seperti dijelaskan di atas, ibadah haji adalah ibadah yang melibatkan kemampuan fisik dan harta. Fisik dan harta adalah sesuatu yang dapat dikelola (management) oleh karenanya tidak ada sedikitpun alasan bagi kita untuk tidak menyegerakan ibadah ini. Aturlah harta kita, sisihkan sebagain harta kita untuk ibadah ini, berdoalah sebanyak-banyaknya dan sesering-seringnya, niscaya Allah SWT tidak akan melupakan orang yang telah berusaha dan berdoa, Amin. Semoga para pembaca semua dimudahkan oleh Allah SWT untuk dapat melaksanakan ibadah haji ini sebelum ajal menjemput.

c) Qurban

Berkaitan dengan hukum menyembelih hewan qurban, Yusuf al-Qaradhawi mengatakan bahwa Imam Malik, Imam Syafei dan Imam Ahmad menyebutkan hukum menyembelih hewan qurban adalah sunnah. Sedangkan menurut imam Abu Hanifah menyembelih hewan qurban adalah hukumnya wajib bagi orang yang diberikan kemurahan rizki dan kelapangan[23]. Menyembelih hewan qurban juga merupakan tanda syukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT[24]

Dengan demikian bisa dilihat bahwa penyembelihan hewan qurban pada dasarnya merupakan tanda syukur atas rizki yang telah diberikan kepada kita. Penyembelihan hewan qurban juga sebagai wujud rasa tunduk dan kepatuhan kepada Allah SWT yang telah banyak memberikan rizki kepada kita semua[25].

Nah, itu berarti ibadah qurban bermata dua. Dalam arti, bila dikerjakan maka Allah SWT akan menambah nikmatnya kepada kita. Sebaliknya bila kita tidak melaksanakan penyembelihan qurban maka Alalh SWT telah memberikan janjinya tentang azabnya yang pedih.

Menyembelih hewan qurban merupakan ibadah yang menyandarkan pada kemampaun harta, oleh karenanya ibadah inipun sebenarnya dapat dikelola dengan baik. Katakan saja harga seekor kambing adalah sebesar RP 800.000,- maka sebenarnya bisa saja kita menyisihkan sebagian penghasilan kita sebulannya sebesar Rp 800.000,- / 12 = Rp 67.000,- per bulan. Bayangkan dengan menyisihkan penghasilan kita sebesar Rp 67.000,- per bulan sedangkan janji Allah SWT akan menambah nikmatnya kepada kita adalah sesuatu yang pasti. Mengapa kita masih tidak memprioritaskan ibadah ini?.

d) Wakaf

Wakaf yang dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya merupakan pengalokasian barang tidak bergerak terutama tanah untuk dijadikan mushola, masjid, pekuburan muslim dsbnya. Padahal di Negara-negara Arab praktek wakaf juga dapat melibatkan dana tunai yang berbentuk wakaf tunai.

Alhamdulillah pemahaman masyarakat terhadap wakaf tunai ini, saat ini mulai terbuka. Beberapa lembaga pengelola wakaf pun mulai tumbuh. Wakaf yang dikelolapun tidak hanya berupa tanah tetapi juga berupa uang tunai. Sandaran hukum nya sendiri ada pada hadits Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairoh:

Rasulullah SAW bersabda: Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga hal: shadaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya.

Para ulama menafsirkan kata shadaqoh jariyah yang pahalanya terus mengalir dengan istilah wakaf. Jelaslah bahwa wakaf merupakan investasi akhirat yang balasan amalnya dapat terus mengalir kepada orang yang membayar wakaf.

Investasi Dunia

Sebagaimana dijelaskan di muka bahwa investasi adalah menunda konsumsi saat ini untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang. Adapun yang dimaksud dengan investasi dunia adalah segala bentuk investasi yang dinikmati oleh kita selama kita masih hidup atau dinikmati oleh orang lain yang kita tinggalkan bila kita mati. Yang termasuk ke dalam investasi dunia adalah investasi, pensiun, dan pendidikan anak.

a) Investasi,

yang dimaksud dengan investasi disini adalah investasi yang sudah dipahami di masyarakat pada umumnya, seperti membuka deposito, menabung, membeli saham, menambah asset, membeli obligasi dsbnya.

Tujuan yang diharapkan dari investasi adalah:

1. Melindungi nilai uang dari inflasi.

2. Dinikmati di masa yang akan datang.

3. Mengantisipasi ketidakpastian daya beli di masa yang akan datang.

4. Memelihara kelangsungan pendapatan (ketika kemampuan bekerja berkurang).

5. Meningkatkan aset.

Sebelum melakukan investasi, perlu diperhatikan beberapa hal penting yaitu adanya risiko. Dalam investasi dikenal istilah High Risk – High Return. Semakin tinggi risiko yang dimiliki oleh instrumen Investasi maka semakin tinggi tingkat pengembaliannya. Investasi di pasar modal misalnya. Investasi ini memberikan janji tingkat pengembalian yang cukup tinggi namun investasi inipun berisiko tinggi. Kita melihat beberapa hari belakanagn ini, setelah resesi ekonomi melanda Amerika Serikat, bursa saham seluruh dunia mengalami ketidak pastian yang sangat tidak menentu. Krisis keuanganpun melanda dunia.

Sebagai salah satu cara meminimisasi risiko dalam berinvestasi saham adalah dengan berinvestasi di reksadana. Yaitu membeli beberapa jenis saham (tidak hanya satu saham tunggal). Hal ini sesuai dengan prinsip investasi yaitu “Jangan Letakan Telur Pada Satu Keranjang”. Jangan meletakan investasi pada satu jenis investasi.

Investasi yang sedikit lebih aman dibandingkan saham yaitu dalam bentuk fixed income seperti obligasi atau surat hutang. Biasanya return yang diperoleh dari obligasi sedikit lebih tinggi dari SBI.

Nah berhubung investasi di pasar modal dalam beberapa hal masih dapat dikelompokan dalam hukum haram. Sebaiknya bila hendak berinvestasi dalam saham atau obligasi maka pilihlah investasi syariah. Saat ini sudah ada pasar modal syariah. Bahkan untuk pasar modal syariah ini sudah ada index syariah yang disebut Jakarta Islamic Index. Pada tahun 2004 penulis pernah melakukan penelitian tentang volatility JII terhadap IHSG (Index Harga Saham Gabungan) ternyata JII hanya memiliki volatility sekitar 0,50 % hingga 0,52 % saja. Itu artinya nilai JII secara statistik sama dengan IHSG. Salah satu contoh produk investasi yang sesuai syariah di bidang ini adalah produk unit link dari takaful indonesia[26] yaitu Istiqomah yang diinvestasikan pada obligasi, Mizan yang diinvestasikan baik pada obligasi maupun saham syariah dan Alia yang seluruhnya diinvestasikan pada saham syariah.

Nah bila investasi dilakukan di sektor ril maka yang perlu dilakukan adalah tingkat keamanan investasi tersebut. Berinvestasi di perkebunan misalnya. Kita harus paham benar tentang proses berkebun, dalam arti kita harus memiliki pengetahuan di bidang ini. Bila tidak, maka kita sebagai investor hanya akan mendapat informasi dari penggarap: “maaf pak, panen gagal karena terserang hama”. Bila kita berinvestasi di bidang franchise maka perlu diperhatikan orang di belakang layar atau pemilik bisnis tersebut. Apakah orang tersebut kredibel ataukah tidak.

Likuiditas investasi juga perlu diperhatikan. Bila kita memperkirakan bahwa kita akan mempergunakan dana yang diinvestasikan beberapa bulan di muka maka jangan berinvesatsi di area yang tidak liquid, seperti pembelian tanah, rumah atau ruko.

Bila liquiditas yang diperlukan maka lebih baik kita berinvestasi di bidang keuangan seperti deposito atau tabungan. Alternatif lain dalam berinvestasi adalah dengan membeli emas. Beberapa lembaga islampun saat ini gencar mengkampanyekan dinar sebagai alternatip investasi.

b) Pendidikan anak

Islam sangat memperhatikan masa depan anak kita[27]. Sebagaimana di dalam QS 4: 9 di atas, Allah SWT memperingatkan kepada umat islam agar mereka memiliki rasa takut dan khawatir apabila mereka meninggalkan keturunan yang lemah dan tidak sejahtera.

Islam mengajarkan agar anak-anak kita tidak bodoh dan tidak menjadi umat yang mudah dibodohi. Sehubungan dengan itu, kita harus menyiapkan anak-anak kita melalui pendidikan yang baik. Penyediaan pendidikan anak-anak ini sudah sepatutnya dirancang sebelum anak-anak mengenal arti pendidikan itu sendiri. Pendidikan anak merupakan kegiatan yang harus direncanakan sedari awal.

Kita tidak usah bicara pendidikan tinggi, untuk masuk TK saja terkadang uang pangkalnya mencapai di atas Rp 5 juta. Apalagi ketika masuk SDIT atau SMPIT. Luar biasa!. Itu kalo kita bicara SPP, di luar itu kita harus banyak mengeluarkan dana lebih untuk pembelian barang-barang pendudukung pendidikan lainnya. Oleh karenanya pendidikan anak harus dirancang jauh-jauh hari.

c) Pensiun

Mengapa kita harus mempersiapkan pensiun?

Di depan sudah kita jelaskan bahwa salah satu risiko dalam kehidupan adalah berumur panjang. Apabila kita ditakdirkan oleh Allah SWT memiliki usia yang lebih panjang maka kita akan menemui kehidupan yang disebut masa pensiun. Pada saat itu kemampuan kita berpenghasilan akan berkurang. Kemampuan fisikpun jauh menurun. Oleh karenanya kita membutuhkan dana yang berlebih untuk hidup hingga ajal menjemput. Oleh karena umur merupakan rahasia Allah SWT maka kita sudah selayaknya membuat perencanaan untuk pensiun mulai saat ini. Kita berharap pada usia pensiun, kita dapat mandiri tanpa merepotkan orang lain. Melalui perencanaan pensiun yang baik kita dapat menikmati kehidupan masa pensiun dengan baik.

Sayang, kesadaran untuk mempersiapkan masa pensiun ini belum disadari benar oleh kebanyakan orang, meskipun realitanya mereka sudah mengetahui hal ini. Beberapa hal yang menjadi kendala dalam perencanaan pensiun ini karena perencanaan pensiun tidak termasuk dalam prioritas alokasi keuangan. Sangat disayangkan memang.

Kita tahu yang namanya perubahan itu pasti akan terjadi pada kita semua. Baik perubahan fisik, mental, keuangan maupun perubahan di lingkungan kita. Perubahan lingkungan apa saja yang akan terjadi ketika kita memasukai usia pensiun?

Ketika kita memasuki usia pensiun, nilai uang sudah berubah. Akibat inflasi, nilai uang 1 juta yang tadinya begitu berharga akan menjadi uang yang tidak begitu bernilai. Uang 1 juta menjadi tidak ada apa-apanya. Nah dengan alasan tersebut maka kita harus dapat merencakan pensiun kita sejak dini.

Strategi Pengelolaan Keuangan Islami

Setelah membahas ketujuh akun keuangan di atas, pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar akun pendapatan harus dibagi untuk tiap-tiap pemanfaatannya. Pertama kali yang harus dilakukan dalam pengalokasian pendapatan adalah untuk pembayaran hutang yaitu maksimum sebesar 30,0%[28]. Angka tersebut berdasarkan pengalaman dapat menjaga optimasi likuiditas pendapatan. Selanjutnya untuk pengeluaran biaya rutin sebesar 40,0%, membayar zakat sebesar 2,5 % dari sisa pendapatan di atas.

Seluruh sisa dana langsung dikelompokan untuk pemanfaatan dengan komposisi 7,5% untuk investasi akhirat, 20,0 % untuk biaya antisipatip dan 30,0% untuk investasi dunia [29].

Akan terjadi 3 situasi sebagai konsekuensi dari pengalokasian pendapatan ini, yaitu:

a) Pendapatan > Pemanfaatan, kondisi ini merupakan kondisi yang ideal.

b) Pendapatan = Pemanfaatan, kondisi ini merupakan kondisi yang minimum

c) Pendapatan < Pemanfaatan, kondisi dimana akan terjadi chaos atau krisis.

Kondisi pertama yaitu dimana pendapatan lebih besar dibandingkan dengan pengeluaran. Kondisi ini merupakan kondisi IDEAL dan sangat diharapkan bagi kita semua. Apa yang akan kita lakukan pada kondisi ideal ini?

Terserah bagi kita untuk melakukan apa. Pada kondisi ini segala apa yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Apakah kita mau menginvestasikan kelebihan pendapatan ini untuk kehidupan dunia? Apakah kita ingin membelanjakannya dengan jalan-jalan ke luar negeri?. Terserah!. Semuanya terserah kepada kita. Namun karena hidup di dunia hanya sementara sedangkan kehidupan yang abadi adalah kelak di akhirat nanti maka akan sangat bermanfaat bila kelebihan pendapatan ini dialokasikan dengan memperbanyak investasi untuk kehidupan akhirat. Perbanyaklah amal kebaikan, bayarlah zakat harta, lebih baik juga dengan memperbanyak wakaf. Cobalah berpikir untuk membiayai ibadah haji kerabat kita atau orang shaleh di sekitar kita. Jangan tunda berinvestasi untuk kehidupan akhirat kita. Mumpung kita sedang diberi amanah harta oleh Allah SWT. Ingat nasehat Nabi, “Jangan sia-siakan kekayaan sebelum datang kemiskinan”.

Kondisi kedua yaitu dimana pendapatan sama besar dengan pemanfaatan. Kondisi ini adalah kondisi MINIMUM. Apa yang akan kita lakukan apabila kita berada pada kondisi minimum ini? Bila kita termasuk orang yang easy going maka kita tidak perlu melakukan apa-apa. Kita hanya cukup menikmati hidup kita. Namun oleh karena kehidupan dunia hanya sementara sedangkan kehidupan akhirat adalah abadi, maka akan sangat bermanfaat bila kita menambah aktifitas untuk menambah pendapatan kita. Hasil yang kita peroleh dimanfaatkan untuk investasi akhirat.

Kondisi ketiga yaitu dimana pendapatan lebih kecil dibandingkan pemanfaatan atau dapat dibalik dengan pernyataan pemanfaatan lebih besar daripada pendapatan. Kondisi ini adalah kondisi KRISIS atau CHAOS. Kita semua pasti tidak menginginkan kondisi ini. Namun kondisi lingkungan terkadang memaksa kita untuk berada di kondisi krisis atau chaos ini. Bila hal ini terjadi maka kita harus melakukan salah satu dari kedua hal di bawah:

1) Kurangi biaya rutin kita. Bila biasanya kita makan bersama anak istri di restoran 3 kali dalam sebulan maka kurangi perilaku ini menjadi hanya sekali dalam sebulan. Bila kita biasanya menggunakan telepon atau internet sebesar 300 ribu sebulan maka kurangi biaya tersebut. Tentunya biaya dari pos pengeluaran mana yang harus kita kurangi, diurutkan terlebih dahulu berdasarkan skala prioritas. Jangan mengurangi biaya lainnya yaitu biaya antisipatip, biaya investasi akhirat ataupun biaya investasi dunia. Ketiga biaya ini akan sangat kita butuhkan di masa yang akan datang atau di masa ketika kita menemui masalah yang tidak terduga.

2) Bila kita tidak bisa mengurangi biaya rutin maka kita harus melakukan aktifitas menambah pendapatan. Kita memerlukan penghasilan tambahan. Bila kita seorang karyawan maka kita bisa membaca buku penulis berjudul Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income. Disana akan ditemukan trik dan tips menjadi karyawan multi income tanpa menggangu pekerjaan.

3) Tambahkan porsi investasi akhirat. Ingat membelanjakan sebagian rizki yang kita dapat di jalan kebajikan (shadaqoh) akan meningkatkan keberkahan harta yang kita miliki. Keberkahan akan ‘memanggil’ calon pendapatan lainnya datang ke kantong kita. Yakinlah bahwa hal itu pasti akan terjadi. Jangan takut meningkatkan porsi shadaqoh ini meskipun pada saat itu kita merasakan sudah tidak ada lagi dana di kantong kita.

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Sebagai penutup dari tulisan ini, penulis dapat menyimpulkan hal-hal sebagai berikut:

1) Islam mengatur perencanaan keuangan keluarga.

2) Goal dari pengelolaan keuangan keluarga dalam islam adalah terwujudnya falah.

3) Goal perantara pengelolaan keuangan keluarga dalam islam adalah maslahah.

4) Islam mengatur pengelolaan keuangan keluarga tidak semata-mata dalam pengaturan pendapatan dan pengalokasian pengeluarannya saja tetapi mencakup juga pada tatacara memperoleh pendapatan juga tatacara pengalokasian pengeluaran.

5) Besarnya unsur pengeluaran atau pengalokasian pengeluaran adalah

a. 30,0% pendapatan untuk pelunasan hutang.

b. 40,0% untuk biaya rutin

c. 2,5% untuk zakat.

d. 7,5% untuk investasi akhirat.

e. 20,0% untuk biaya antisipatip

f. 30,0% untuk investasi dunia.

6) Terjadi 3 situasi dalam penerapan pengelolaan keuangan keluarga islami yaitu ideal, minimum dan chaos / krisis.

Rekomendasi dari penulis adalah bagaiamanapun juga hidup di dunia perlu disiasati dengan pengelolaan keuangan keluarga yang tepat sesuai dengan syariah islam. Hal ini perlu dilakukan melihat pertumbuhan biaya yang jauh lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pendapatan. Tanpa perencanaan keuangan keluarga yang tepat, hidup pasti akan terasa berat. Apa-apa yang diinginkan terasa berat untuk diraih. Sebaliknya dengan perencanaan keungan keluarga yang tepat, apa-apa yang diidamkan insya Allah akan terwujud dengan mudah. Implementasikan perencanaan keuangan keluarga dengan baik. Perencanaan keuangan keluarga ini tidak hanya dalam area rumah tangga tetapi juga dapat diimplementasikan dalam area organisasi.

REFFERENSI

Asuransi Takaful Keluarga PT, “Materi Training Kepala Cabang Tahun 2005”, PT. ATK, (2005)

DD Travel, Materi Manasik Haji 1429 H, DD Travel, Jakarta, (2008).

Didin Hafidhuddin, Zakat Infak Shodaqoh”, Gema Insani, Jakarta (1998)

Eko Pratomo, Cara Mudah Mengelola Keuangan Keluarga Secara Islami, Hijrah Institute, Jakarta (2004)

Mohd. Ma’sum Billah, “Principles and Practice of Takaful and Insurance (Compared)”, International Islamic University Malaysia (2001)

Muhammad Akram Khan, “An Introduction to Islamic Economics”, International Institue of Islamic Thought and Institute of Policy Studies, Islamabad-Pakistan (1994)

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasama dengan Bank Indonesia, “Ekonomi Islam”, PT. Raja Grafindo Persada Jakarta (2009)

Safak Muhammad & Achmad Firdaus, Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income, Media Sukses, Jakarta (2007)

Yusuf Al Qaradhawi,Menjawab Masalah Haji Umroh & Qurban, Embun Publishing, Jakarta (2007)


[1] Erlangga Djumena, “Garam Saja Impor”, diakes tanggal 14 Februati 2011 dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/02/14/0804280/Garam.Saja.Impor

[2] يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالأرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

[3] يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan (QS 66:6).

[4] Dari Ibnu Umar ra. Berkata: Saya mendengar Rasulallah saw bersabda, kamu sekalian adalah pengembala (pemimpin) dan kamu sekalian akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya. Seorang penguasa adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya. Seorang suami adalah pemimpin terhadap keluarganya dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya, seorang istri adalah pemimpin terhadap rumah suaminya dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya, seorang pelayan adalah pemimpin terhadap harta tuan / majikannya dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya, kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu sekalian akan dimintai pertanggungjawaban tentang kepemimpinannya (Bukhori dan Muslim)

[5] Muhammad Akram Khan, “An Introduction to Islamic Economics”, (International Institue of Islamic Thought and Institute of Policy Studies, Islamabad-Pakistan, 1994)

[6] Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasama dengan Bank Indonesia, “Ekonomi Islam”, (PT. Raja Grafindo Persada Jakarta: 2009), dikatakan bahwa kata falah dalam al-Quran ditunjukkan dengan kata muflihun (QS 3:104 ; QS 7:8,157 ; QS 9: 88 ; QS 23: 102 ; QS 24: 51) dan aflah (QS 23: 1 ; QS 91: 9).

[7] Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerjasama dengan Bank Indonesia, “Ekonomi Islam”, (PT. Raja Grafindo Persada Jakarta: 2009) menyebutkan bahwa maslahah dalam al-quran sering disebut dengan istilah manfa’at atau manafi’ yang berarti kebaikan yang terkait dengan material, fisik, psikologis hal-hal indrawai lainnya (QS 6:76, QS 14:5, QS 17:28, QS 18: 21, QS 27: 55). Maslahah sering diungkap dengan istilah lain seperti hikmah, huda, barakah, yang berarti imbalan baik yang dijanjikan oleh Allah SWT di dunia maupun di akhirat (QS 2: 269, QS 24: 41). Jadi maslahah mengandung pengertian kemanfatan duniawi dan akhirat.

[8] يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَا قَدَّمَتْ لِغَدٍ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

[9] Mohd. Ma’sum Billah, “Principles and Practice of Takaful and Insurance (Compared)”, (International Islamic University Malaysia, 2001)

[10] لِيُنْفِقْ ذُو سَعَةٍ مِنْ سَعَتِهِ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهُ فَلْيُنْفِقْ مِمَّا آتَاهُ اللَّهُ لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا مَا آتَاهَا سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

Hendaklah orang yang mampu memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.

[11] وَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

[12] يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (QS 4: 29)

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلالا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah. (QS 16: 114)

[13] Seorang anak Adam sebelum menggerakkan kakinya pada hari kiamat akan ditanya tentang lima perkara: (1) Tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya; (2) Tentang masa mudanya, apa yang telah dilakukannya; (3) Tentang hartanya, dari sumber mana dia peroleh dan (4) dalam hal apa dia membelanjakannya; (5) dan tentang ilmunya, mana yang dia amalkan. (HR. Ahmad)

[14] Eko Pratomo, Cara Mudah Mengelola Keuangan Keluarga Secara Islami, (Hijrah Institute, Jakarta: 2004)

[15] وَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا

إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

26. dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.

27. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.

[16]Safak Muhammad & Achmad Firdaus, Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income, (Media Sukses, Jakarta : 2007)

[17] إِنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ عِلْمُ السَّاعَةِ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَ وَيَعْلَمُ مَا فِي الأرْحَامِ وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ مَاذَا تَكْسِبُ غَدًا وَمَا تَدْرِي نَفْسٌ بِأَيِّ أَرْضٍ تَمُوتُ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

[18] Ambillah kesempatan lima sebelum lima: mudamu sebelum tua, sehatmu sebelum sakit, kayamu sebelum melarat, hidupmu sebelum mati, dan senggangmu sebelum sibuk. (HR. Al Hakim dan Al-Baihaqi)

[19] Didin Hafidhuddin, Zakat Infak Shodaqoh”, (Gema Insani, Jakarta : 1998)

[20] DD Travel, Materi Manasik Haji 1429 H, (DD Travel, Jakarta: 2008).

[21] فِيهِ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ مَقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَنْ دَخَلَهُ كَانَ آمِنًا وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلا وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ

Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim; barang siapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah; Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam (QS 3: 97).

[22] Yusuf Al Qaradhawi,Menjawab Masalah Haji Umroh & Qurban,(Embun Publishing,Jakarta:2007)

[23] إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkorbanlah

[24] وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الأنْعَامِ فَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah) QS 22: 34

[25] وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لأزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (QS 14:7)

[26] PT. Asuransi Takaful Keluarga, “Materi Training Kepala Cabang Tahun 2005”, (PT. ATK, 2005)

[27] وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلا سَدِيدًا

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

[28] Prosentse hutang sebesar ini (35%) diperoleh dari pengalaman penulis sebagai praktisi Human Resources (HR). Bagian HR memberikan batas benefit pinjaman karyawan kepada perusahaan sebesar sepertiga gaji total karyawan tsb. Angka ini bukan didapat dari suatu formula tertentu tetapi dari pengalaman.

[29] Komposisi pengalokasian pengeluaran sebesar ini diperoleh dari pengelaman penulis dalam perencaan keuangan islami. Jadi bukan angka yang diperoleh dari empiris atau dari formula tertentu.

SEMOGA BERMANFAAT. AAAMIIIN!


649 komentar:

«Terlama   ‹Lebih tua   201 – 400 dari 649   Lebih baru›   Terbaru»
Unknown mengatakan...

KESAKSIAN KESAKSIAN KESAKSIAN
i Mrs Alak dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan meduim ini untuk menginformasikan saudara dan saudari bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika anak saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya, bank saya regetted saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke ibu yang baik Gabriella, dia memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya tanpa collataral dengan tingkat bunga hanya 2%, shes kuman saver jiwa mungkin Tuhan terus memberkati dia untuk perbuatan baik nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi ibu yang baik di perusahaannya emal gabriellaeleanorloanfirm@gmail.com Anda selalu dapat menghubungi saya untuk saran pada guidlines di email pribadi saya di adungalak@gmail.com

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown mengatakan...

Peluang pinjaman pada langkah pintu Anda Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak? Membutuhkan pinjaman bisnis? Membutuhkan pinjaman untuk investasi Anda? Membutuhkan pinjaman untuk membiayai masalah Anda? Butuh pinjaman pribadi? Membutuhkan pinjaman bisnis dan industri pinjaman? Untuk benar memperkenalkan diri, saya Mrs Mary Jane pemberi pinjaman pribadi saya memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda hari ini dan mendapatkan loan.There instan banyak di luar sana mencari pilihan keuangan atau membantu di sekitar tempat dan masih tidak bisa mendapatkan satu. Tapi itu adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak bisa melewatkan kesempatan ini. Layanan ini untuk individu, perusahaan, pengusaha dan women.The jumlah pinjaman yang tersedia berkisar dari $ 1,000.00 sampai $ 500.000.000,00, atau nomor pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami di: maryjaneloancompany3@gmail.com informasi Pertama yang dibutuhkan

Nama dan nama keluarga:
Telepon Pribadi:
Negara: Alamat:
Negara:
Usia:
Seks:
Anda telah diterapkan sebelumnya? :
Status pernikahan: Jumlah pinjaman yang dibutuhkan sebagai pinjaman:
Pinjaman Durasi:
Pinjaman Tujuan:
Kerja:
Pendapatan bulanan:
Hubungi kami di: maryjaneloancompany3@gmail.com suka menunggu respon yang cepat,
Salam Hangat Mrs Jane

Unknown mengatakan...

pinjaman untuk semua jenis tujuan
Kami menawarkan dari jumlah minimum 10,000.00 euro menjadi 20 juta euro
Dan pada tingkat bunga rendah dari 2%
Term Loan: 25 tahun maksimum tergantung pada jumlah pinjaman yang Anda butuhkan.
pelanggan harus berada di atas usia 18
transaksi pinjaman ini adalah jaminan 100% untuk pelanggan yang serius
Untuk informasi lebih lanjut tentang pinjaman silahkan menghubungi kami melalui email: joycerolandloancompany@gmail.com

Anonim mengatakan...

Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
untuk meningkatkan bisnis Anda?
Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
Patriciaberthaloancompany@gmail.com

Data peminjam
 1) Nama Lengkap: ......................................................
 2) Negara: .........................................................
 3) Alamat: .........................................................
 4) Negara: ............................................................
 5) Sex: ...............................................................
 6) Status Pernikahan: .............................................
 7) Pekerjaan: ...................................................
 8) Nomor Telepon: ................................................
 9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
 10) Pendapatan Bulanan: .............................................
 11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
 12) Pinjaman Durasi: ................................................
 13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
 14) Agama: ......................................................
 15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
 16) mata uang yang dipilih: ...................................................

 Terima kasih,
 mrs Bertha

Mrs Martini mengatakan...

Halo, semua orang, silakan, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk berbagi kesaksian saya bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan dengan seorang wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan keuangan kesulitan,

 Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online adalah legit kredit dan tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke teman saya untuk saran tentang cara untuk mendapatkan pinjaman online, kami berbicara tentang hal itu dan kesimpulan kita bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. Theresa yang merupakan CEO dari Theresa Loan.Company

 Aku diterapkan untuk jumlah pinjaman (800 juta) dengan tingkat bunga rendah dari 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa account saya telah dikreditkan dengan jumlah 800 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memesan pemberi pinjaman saya dengan kredit asli saya, yang bisa memberikan keinginan hati saya.

Banyak terima kasih kepada Ibu Theresa untuk membuat hidup yang adil bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk silakan hubungi Ms. Theresa melalui e-mail Theresaloancompany@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda,

Jadi terima kasih banyak untuk Anda mengambil waktu Anda untuk membaca tentang keberhasilan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
Aku bernama martini, Anda dapat menghubungi saya untuk lebih banyak arahan melalui email saya: martinimarais1986@gmail.com atau fatma melalui feyzilfatma@gmail.com. Terima kasih

Anonim mengatakan...

Apakah anda butuh uang mendesak untuk membayar tagihan anda dan melunasi utang anda jika ya email kami hari ini di: ramseydickson@outlook.com

Anonim mengatakan...

Apakah anda butuh uang mendesak untuk membayar tagihan anda dan melunasi utang anda jika ya email kami hari ini di: ramseydickson@outlook.com

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Anonim mengatakan...

Halo, ini adalah PATRICIA BERTHA PINJAMAN PERUSAHAAN. Dalam Perusahaan ini kami memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup.
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal.
untuk meningkatkan bisnis Anda?
Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
Hari ini, kita mengatakan berhenti dan mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2% .Kami ingin menggunakan ini
media untuk memberitahu Anda semua bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan
akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Kami adalah kesetiaan, kita terus kata dan janji-janji kita. Jadi hubungi kami hari ini via email:
Patriciaberthaloancompany@gmail.com

Data peminjam
 1) Nama Lengkap: ......................................................
 2) Negara: .........................................................
 3) Alamat: .........................................................
 4) Negara: ............................................................
 5) Sex: ...............................................................
 6) Status Pernikahan: .............................................
 7) Pekerjaan: ...................................................
 8) Nomor Telepon: ................................................
 9) posisi Saat ini di tempat kerja: ...................................................
 10) Pendapatan Bulanan: .............................................
 11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: .................................
 12) Pinjaman Durasi: ................................................
 13) Tujuan Pinjaman: ..........................................
 14) Agama: ......................................................
 15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya: ...................................................
 16) mata uang yang dipilih: ...................................................

 Terima kasih,
 mrs Bertha

Unknown mengatakan...

Apakah Anda perlu pinjaman tanpa jaminan untuk mendirikan sebuah bisnis atau pinjaman untuk renovasi dan banyak lagi, pencarian tidak lebih, kami adalah perusahaan yang sah dan pada tingkat bunga rendah dari 2% dan bersedia untuk meminjamkan jumlah yang Anda ingin meminjam dan membuat tahun ini yang berhasil untuk Anda. Mohon mengisi data pinjaman ini di bawah ini dan menghubungi kami melalui email perusahaan kami: gloryloanfirm@gmail.com.
Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor ponsel: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

zalina dianto mengatakan...

Selamat siang semua orang saya Zalina Dianto Kota Malaka malaysia saya akan senang untuk berbagi kisah sukses besar yang terjadi dalam hidup saya untuk semua orang tahu bahwa dalam kehidupan Anda mungkin memiliki waktu yang buruk jangan khawatir waktu yang baik pasti akan datang hanya bersabar dan memiliki fokus mendapat bagian dari pengalaman hidup saya, saya ingin mengucapkan terima kasih (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk kebaikan mereka, ketulusan, setia dan kejujuran pada hidup saya. Hanya beberapa bulan Kembali, saya mencari pinjaman dari Rm165,000.00 seperti saya kehabisan uang untuk bisnis saya dan saya tidak bisa membayar tagihan dan pekerja saya lagi. Saya scammed RM37,000 pengalihan palsu penipuan pinjaman ATM dan saya memutuskan untuk tidak mendapatkan terlibat dalam bisnis seperti lagi saya tidak pernah tahu bahwa sebuah perusahaan nyata seperti (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) masih ada di Asia sampai mantan tenante saya (Mr Budi Jurjani) yang bercerita tentang sebuah perusahaan mengakui pinjaman besar di Asia saya meminta nya untuk alamat dia mengatakan kepada saya mereka berada di Arab Saudi namun memiliki email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) karena penampilan dan perbuatan saya dia meyakinkan saya bahwa jika saya menerapkan saya akan memberikan kredit untuk bisnis pada awalnya saya berdebat dengan dia saya meyakinkan ketika ia mengatakan kepada saya bahwa uang yang kita membayar utang dan memulai bisnisnya adalah dari ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) yang merupakan perusahaan asli, meskipun saya tidak pernah percaya padanya, saya membuat sidang dan saya senang saya lakukan, saya diberi jumlah pinjaman dari Rm165,000.00, oleh perusahaan ini ((AASIMAHA Adila AHMED pINJAMAN FIRM) tidak ada biaya transfer atau pendaftaran Jika Anda membutuhkan asli, pinjaman legit atau bantuan keuangan dan Anda dapat diandalkan, terpercaya dan mampu membayar kembali pada saat jatuh tempo dana saya akan saran Anda untuk menghubungi :( aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) dan Anda bebas dari penipuan di internet. Semua berkat (AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM) untuk memulihkan kehidupan ke bisnis saya. Apakah Anda dari Asia dan di luar mencari pinjaman yang sangat Asli? kisah sukses memiliki perubahan dengan (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,, email saya .. (zalinadiato@gmail.com)

Olivia Daniel mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (oliviadaniel93@gmail.com)


DATA APLIKASI

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih,

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Paula Pinto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar $ 45.000,00 karena saya butuh modal besar dari $ 200.000,00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Maria Jorge, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Maria Jorge melalui email: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (paulapinto890@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Anda memiliki hutang, atau yang Anda menolak pinjaman di bank? Tim kami akan membantu dalam memecahkan masalah Anda dengan tingkat bunga 2%. Kami merekomendasikan pinjaman cepat untuk tujuan apapun. Hanya ID card, akte kelahiran dan foto Anda, verifikasi cepat, formalitas minimum, akseptabilitas tinggi proposal dan keputusan kredit dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa perlu memberikan bukti pendapatan. Kami punya jumlah pinjaman tinggi hingga 5 miliar dari mata uang di dunia periode pembayaran kami adalah dari 6 bulan sampai 20 tahun. Tidak ada pemeriksaan kredit atau sejarah kredit. Datang kepada kami, kami menangani semuanya dalam satu hari.
Hubungi kami hari ini melalui email kami: dewiahmad.loanfirm@gmail.com

Dr. louis mengatakan...

Nama saya Doctor Philipson seorang nephrologist dan direktur medis utama di ST. LOUIS INDIA. Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda? Apakah Anda mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda untuk uang karena istirahat keuangan turun dan Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan, kemudian hubungi kami hari ini melalui dr.louisclinic@gmail.com atau hubungi: +918870421469 dan kami akan menawarkan baik jumlah untuk Ginjal Anda
HARGA: $ 145,000USD

Unknown mengatakan...

Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda berada dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau Anda menemukan kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal, hubungi kami melalui email hari ini untuk bantuan tersebut (pinjaman, uang start-up): rebaccamorrisloanfirm @ gmail. com untuk Alkitab mengatakan "" Lukas 11: 10 Setiap orang yang meminta, menerima; dia yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan "jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya. Silakan ini hanya untuk orang-orang yang berpikiran serius dan Allah takut di keuangan kesulitan dan ingin menemukan jalan keluar.

Anda disarankan untuk mengisi dan mengembalikan rincian di bawah ini ..

Namamu: ______________________

Alamat Anda:____________________

Negara: ____________________

Kerjamu:__________________

Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ______________

Pinjaman Durasi: ____________________

Pendapatan bulanan: __________________

Nomor telepon:________________

Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya: ________________

Jika Anda telah membuat pinjaman sebelumnya, di mana Anda diperlakukan dengan jujur? di mana perusahaan tersebut berlokasi? .

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown mengatakan...

Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


Nama lengkap:
jumlah pinjaman :
Pinjaman Durasi:
Pendapatan bulanan :
negara:
Seks:
Nomor telepon:
Tanggal lahir :

Terima kasih dan Tuhan memberkati

JULIETOWENLOANCOMPANY
(Julietowenloancompany@gmail.com)
Ibu Juliet

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Chloe Morrison mengatakan...

Apakah Andari Berpikir untuk review get Bantuan Keuangan, Apakah Andari Membutuhkan serius Pinjaman mendesak, Apakah Andari Berpikir untuk review memulai Bisnis Andari Sendiri, Andari berada di Utang, Penyanyi Adalah kesempatan Andari untuk review mencapai keinginan Andari KARENA Kami memberikan Pinjaman Pribadi, bisnis Pinjaman, Dan kredit Korporasi, Dan Segala macam Pinjaman PADA Tingkat bunga 2% .HURRAY !!! Hal Penyanyi hampir get untuk review mengakhiri Tahun Penyanyi Dan Kami berada di Chloe Badan Pinjaman, kami menjamin SEMUA Klien Berharga Kami bahwa mereka akan get SEMUA Pinjaman masing-masing Dan Menjadi Tahun Baru DENGAN senyum di Wajah Mereka.

Untuk review information LEBIH lanjut hubungi kami Sekarang through email {} chloemorrisloanfirm@gmail.com

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan Pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________


CHLOEMORRISLOANFIRM
(Chloemorrisloanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

HELLO BERITA SEGAR

Aku punya kesaksian untuk membawa kepada anda dalam semua forum, kita hanya berbicara tentang Lady Meningkat DUBOI pinjaman tertentu dan saya memutuskan untuk pergi ke dia.
Pada mulanya aku ingat itu seperti palsu yang lain peminjam tapi wanita ini luar biasa, jujur dan serius. Dengan itu, saya telah pinjaman saya € 5.000 dalam kurang dari 72 jam selepas prosedur selesai. Jadi tolong hubungi dia jika kamu butuh pinjaman dari seseorang yang jujur dan serius di sini adalah e-mel mereka :

duboi1970@gmail.com

Nasib Baik.
Dan jangan lupa untuk berkongsi untuk membantu anda rakan-rakan yang di perlukan

Unknown mengatakan...

HELLO BERITA SEGAR

Aku punya kesaksian untuk membawa kepada anda dalam semua forum, kita hanya berbicara tentang Lady Meningkat DUBOI pinjaman tertentu dan saya memutuskan untuk pergi ke dia.
Pada mulanya aku ingat itu seperti palsu yang lain peminjam tapi wanita ini luar biasa, jujur dan serius. Dengan itu, saya telah pinjaman saya € 5.000 dalam kurang dari 72 jam selepas prosedur selesai. Jadi tolong hubungi dia jika kamu butuh pinjaman dari seseorang yang jujur dan serius di sini adalah e-mel mereka :

duboi1970@gmail.com

Nasib Baik.
Dan jangan lupa untuk berkongsi untuk membantu anda rakan-rakan yang di perlukan

Unknown mengatakan...

HELLO BERITA SEGAR

Aku punya kesaksian untuk membawa kepada anda dalam semua forum, kita hanya berbicara tentang Lady Meningkat DUBOI pinjaman tertentu dan saya memutuskan untuk pergi ke dia.
Pada mulanya aku ingat itu seperti palsu yang lain peminjam tapi wanita ini luar biasa, jujur dan serius. Dengan itu, saya telah pinjaman saya € 5.000 dalam kurang dari 72 jam selepas prosedur selesai. Jadi tolong hubungi dia jika kamu butuh pinjaman dari seseorang yang jujur dan serius di sini adalah e-mel mereka :

duboi1970@gmail.com

Nasib Baik.
Dan jangan lupa untuk berkongsi untuk membantu anda rakan-rakan yang di perlukan

morissceruloloanfirm@gmail.com mengatakan...

LAIN KESEMPATAN LAGI, ANDA BISNIS MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan pelanggan kami adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor telepon: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: morissceruloloanfirm@gmail.com

cathvivnyeh mengatakan...

Sir helo / Madam / wanita dan pria.

Saya Mrs. cathvivnyeh CEO dangadu dari pinjaman pribadi, kami memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 1,5%. Jika Anda telah ditolak oleh perusahaan lain pinjaman, lembaga keuangan, bank, mencari sekali lagi kita di sini untuk membantu Anda memecahkan masalah ini dengan cepat. Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti pinjaman pendidikan, pinjaman usaha, pinjaman rumah, kredit pertanian, pinjaman pribadi, kredit mobil dan tujuan yang baik lainnya, seperti jika Anda ingin membuat bisnis, dan kita bisa memiliki dukungan kuat Anda dengan pinjaman . Kami juga menawarkan pinjaman dari 5000 - 2,000,000,000.Ruble, dinar dan dolar dan euro dan lira pada tingkat 1,5%. Sebuah periode 1-50 tahun, tergantung pada jumlah yang Anda butuhkan sebagai pinjaman dan waktu yang Anda butuhkan untuk membayar. perusahaan pinjaman kita kembali dan dukungan dari PBB, dan ini adalah mengapa kita hanya mendapatkan 1,5% dalam hal tingkat suku bunga yang kita miliki tidak seperti lembaga keuangan lainnya, yang mendapat 2%, 3% atau bahkan 5% dari klien. Dapatkan kembali kepada kami untuk informasi lebih lanjut melalui e-mail kami: cathvivnyehloanfilm@gmail.com

Salam, Mrs cathvivnyeh dangadu

Unknown mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk membangun bisnis Anda atau untuk membayar tagihan Anda? Kami memberikan pinjaman @ tingkat 2% jadi jika Anda membutuhkan pinjaman perusahaan yang terpercaya, silakan hubungi (arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com)

Arlene Williams

Terima kasih

johnson harry mengatakan...

Ini adalah untuk menginformasikan Pria masyarakat umum atau Wanita yang sehat dan 100% serius
dalam menyumbangkan ginjal mereka harus segera menghubungi Dr.
johnson, aku Nephrologist di Rumah Sakit Umum ..
Karena kami memiliki banyak pasien yang berada di sini untuk transplantasi ginjal, Apakah
Anda mencari kesempatan untuk menyumbangkan ginjal Anda untuk uang karena
istirahat keuangan turun, rumah sakit kami adalah spesialis dalam Ginjal Bedah / transplantasi
dan pengobatan organ lainnya, kami juga menangani pembelian dan transplantasi ginjal
dengan hidup dan donor.we sehat menawarkan $ 400,000.00 USD untuk ginjal Anda Jika
Anda tertarik untuk menyumbangkan ginjal Anda jangan ragu untuk
hubungi kami melalui Email; generalhospital121@gmail.com

Rini Roza mengatakan...

Saya Mrs Rini,
Saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia karena ekonomi yang buruk di beberapa bagian, seperti Indonesia, Malaysia dan lain-lain. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu?

Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya melepaskan dari penjara dan teman saya saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang reliabl ISABEL PINJAMAN PERUSAHAAN. Saya mendapat pinjaman saya dari ISABELLOANCOMPANY Rp400,000,000 sangat mudah dalam waktu 48 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui
 
 ISABELLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda ISABELLOANCOMPANY kontak yang lebih baik. menghubungi mereka melalui email:. (Isabelloancompany@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (mrsriniroza@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Hello, Adakah anda seorang lelaki perniagaan atau perempuan? Adakah anda dalam mana-mana
tekanan saya membiayai atau memerlukan dana untuk memulakan anda sendiri
perniagaan? Adakah anda memerlukan pinjaman untuk menyelesaikan hutang anda atau membayar
bil-bil anda? Adakah anda mempunyai skor kredit yang rendah dan mempunyai
kesukaran mendapatkan pinjaman daripada bank-bank tempatan dan lain-lain
institusi kewangan? Saya ingin memaklumkan kepada anda bahawa tawaran pinjaman
pada kadar faedah yang rendah 2%, jika anda berminat untuk mendapatkan
pinjaman daripada kami, sila hubungi kami melalui e-mel: (AUGUSTINEJUNIO@GMAIL.COM)

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi

Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi

Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui (bellaalbert6@gmail.com)


DATA APLIKASI

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih,

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wrb,salam persaudaraan,perkenalkan nama saya Dewi Zulianty asal dari Sukabumi niat saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2 yang sedang dalam kesusahan,dulu saya seorang yang sangat sukses usaha saya dimana2 bahkan saya berfikir uang yang saya punya bisa dipakai tujuh turunan,kesuksesan saya membuat saya lupa segalanya,bahkan saya tidak pernah shalat sekalipun,cobaan datang menghampiri saya akhirnya saya bangkrut dan gulung tikar,himpitan ekonomi memaksa asya jadi pemulung,saya punya tiga orang anak dan semuanya masih kecil,saya sempat stres dan hampir bunuh diri tapi setiap saya menatap wajah anak saya semua semangat saya datang,saya sudah taubat dan shalat lima waktu tidak saya tinggalkan,tanpa sengaja saya didatangi seseorang dan memperkenalkan saya dengan Aki Tirem,saya coba telpon Aki dan alhamdulillah saya tersambung dengan beliau tapi pada awalnya saya ragu ikut saran Aki tapi saya punya niat lepas dari masalah saya dan saya punya niat menyekolahkan anak saya sampai selesai akhirnya saya ikut saran Aki walaupun keterbatasan dana yang saya punya,dan alhamdulillah saya sujut syukur dan mengeluarkan air mata ketika melihat hasil dari apa yang aki berikan pada saya,sekarang saya kembali sukses dan punya beberapa toko bangunan di daerah sukabumi,terimah kasih Aki Tirem berkat aki saya bisa seperti ini,khusus untuk teman2 yang percaya dengan pengalaman saya dan punya masalah apapun silahkan hub langsung Aki Tirem di nomor 0853 4359 0187 insya allah akan dibantu dan jangan takut beliau membantu tidak melenceng dari ajaran agama,sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada pemuat web ini karna berkat ini saya bisa berbagi pengalaman saya,ini pengalaman nyata saya demi Allah tampa karangan apapun,sekian dan terima kasih Assalamualaikum Wrb.


Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown mengatakan...

Saya Ibu Helen Johnson, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (helenjohnsonloanfirm68@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Anonim mengatakan...

EAGLES LOAN LIMITED OF UNITED STATE OF AMERICA.
Offers a low intrest loan of 2% for the remaining months of the year 2016.

Phone number : +18653126336
Email : eaglesloanlimited@gmail.com
============================================================
GARUDA KREDIT TERBATAS DARI UNITED STATE OF AMERICA.
Menawarkan pinjaman minat rendah 2% untuk bulan sisa tahun 2016.

Nomor telepon: +18653126336
Email: eaglesloanlimited@gmail.com

Anonim mengatakan...

EAGLES LOAN LIMITED OF UNITED STATE OF AMERICA.
Offers a low intrest loan of 2% for the remaining months of the year 2016.

Phone number : +18653126336
Email : eaglesloanlimited@gmail.com
============================================================
GARUDA KREDIT TERBATAS DARI UNITED STATE OF AMERICA.
Menawarkan pinjaman minat rendah 2% untuk bulan sisa tahun 2016.

Nomor telepon: +18653126336
Email: eaglesloanlimited@gmail.com

Anonim mengatakan...

Halo, Saya cunson hamilton Katheren, saat ini tinggal di Texas, Amerika Serikat. Saya seprated kali ini dengan tiga anak-anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan Mei 2015 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya. Saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman pribadi dan perusahaan tetapi tidak pernah dengan sukses, dan sebagian besar bank menolak kredit saya. Demi Allah, saya membaca sebuah artikel online dan saya memutuskan untuk mencoba, Pada awalnya saya sangat takut tapi saya mencoba memberikannya karena pada saat itu dalam hidup saya, saya tak akan kehilangan, jadi saya mengikuti arahan mereka dan melakukan aything saya diminta untuk melakukan sebelum pinjaman saya dapat diberikan, saya sangat takut pada saat itu, tapi aku bilang hari ini sebagai tuhan adalah saksi saya, saya sekarang seorang pemilik usaha kecil dan saya membayar kembali pinjaman saya di bunga yang lebih rendah dari 1,5% tanpa masalah, Percayalah dengan perusahaan ini saya jamin tidak akan menyesal, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada co penandatangan dengan tingkat bunga hanya 1,5% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Mr Dangote perusahaan pinjaman ( dangotegrouploandepartment@gmail.com). Dia tidak tahu bahwa aku melakukan ini tapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk membiarkan orang tahu lebih banyak tentang dia dan Tuhan memberkati alsoi ingin lebih. Anda dapat menghubungi dia melalui email-nya.
dangotegrouploandepartment@gmail.com dan saya juga menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin berpikir itu adalah stres tapi tidak, saya tidak pernah scammed $ 5.000 yang membuat saya merasa ingin menyerah tapi hari ini semua berkat Allah Mahakuasa dan Mr Dangote. jadi hubungi saya di Cunsonhamilton342@gmail.com atau hubungi saya di nomor (682) 233-0439 untuk informasi, Nikmati

Magret Spencer mengatakan...

KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Magret Spencer mengatakan...

KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman? telah bank menafikan anda pinjaman, kami berada di sini untuk membantu anda dari segi kewangan, untuk mendapatkan pinjaman segera anda apa-apa amaun di mana-mana destinasi. kebahagiaan anda adalah keutamaan kami. semua yang anda perlu lakukan sekarang adalah untuk e-mel kami melalui (daviesruthfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Adakah anda memerlukan pinjaman? telah bank menafikan anda pinjaman, kami berada di sini untuk membantu anda dari segi kewangan, untuk mendapatkan pinjaman segera anda apa-apa amaun di mana-mana destinasi. kebahagiaan anda adalah keutamaan kami. semua yang anda perlu lakukan sekarang adalah untuk e-mel kami melalui (daviesruthfirm@gmail.com)

Zenith Loan Limited mengatakan...

Tepuk tangan! Tepuk tangan! Hore teman terkasih, apakah Anda membutuhkan pinjaman atau sedang mencari cara untuk mendapatkan satu, atau mungkin Anda ditolak oleh bank karena status kredit yang buruk Anda, dan mereka menolak untuk memberikan, dan sekarang Anda berpikir bahwa semua harapan hilang , tidak, sayangku semua harapan tidak hilang. Ada datang tempat solusi untuk semua kekhawatiran Anda dan kecemasan. Berikut adalah master perencana ZENITH PINJAMAN TERBATAS. Kami menawarkan pinjaman kami di tingkat bunga 2% untuk semua atau orang, perusahaan atau perusahaan. Anda dapat menghubungi kami hari ini di (zenithloanlimited@gmail.com) untuk pinjaman mudah dan dapat diandalkan, tugas kita untuk membantu Anda keluar dari situasi Anda dan mengakhiri kecemasan dan kecemasan

Email: zenithloanlimited@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 800,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
 
Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Magret Spencer mengatakan...

KAMI MEMBERIKAN OUT PINJAMAN UNTUK AKHIR TAHUN PAKET DI RATE SANGAT RENDAH.
Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda pernah ditolak terus-menerus oleh bank, teman, kerabat, lembaga keuangan Anda?
Jika Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi 2%, kita memiliki banyak rencana yang fleksibel pada panel pinjaman kami untuk membantu Anda,
Kemudian kabar baik di sini !!! Anda telah datang ke tempat yang tepat yang Anda bisa mendapatkan mudah pinjaman Anda cepat dan,
* Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Usaha (Aman dan Tanpa Jaminan)
* Kredit Mobil
lebih banyak, tanpa fees.We tersembunyi bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien, cepat dan pemberi pinjaman uang dinamis,
Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2%, jumlah berkisar dari $ 500.000,00 USD untuk $ 80,000,000,000.00 USD dan periode ulang pembayaran 1 tahun untuk durasi 50 tahun

Mohon kembali ke saya dengan email: Lucysmithloanfirm@gmail.com jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya bisa memberikan informasi lebih untuk persyaratan pinjaman dan kondisi
 
Peminjam Informasi (Information diperlukan bidang muncul dalam cetak tebal).
Nama Lengkap (s):
Usia:
Alamat jalan:
negara:
Nomor kontak:
Jumlah Pinjaman Diminta:
Pinjaman Tujuan:
Durasi Pinjaman:
Status Pekerjaan:

Hubungi kami melalui email kami Lucysmithloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...


KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
chloemorrisloanfirm@gmail.com
Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!! KABAR BAIK!!!

Nama saya Endah. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs.Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com) dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya (faridahendah007@gmail.com) dan saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ms. Lucy Smith, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Lucy Smith, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: ( ervitaazis@gmail.com) sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

Informasi Peminjam:

Nama lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Pinjaman Durasi: ____________
Pinjaman bunga: _____________
Nomor ponsel: ________

Lucysmithloanfirm
(Lucysmithloanfirm@gmail.com)

Mrs Elizabeth Romina Pastrana mengatakan...

Hello, Saya Puan Romina Elizabeth wang pemberi pinjaman swasta, Adakah anda dalam hutang yang tidak baik? Adalah keperluan peningkatan standard kewangan anda, pinjaman Krismas, saya Beroperasi yang berdaftar dan kerajaan institusi kewangan yang diluluskan. Saya memberi pinjaman kepada syarikat-syarikat dan individu pada kadar yang lebih rendah sebanyak 2%. Saya memberi pinjaman melalui pemindahan akaun dan tidak memerlukan banyak kertas kerja. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel:
(Rominaelizabethloanfirm@gmail.com). Datang dan mengalami perbezaan dalam perkhidmatan kami.

Mrs Elizabeth Romina Pastrana mengatakan...

Hello, Saya Puan Romina Elizabeth wang pemberi pinjaman swasta, Adakah anda dalam hutang yang tidak baik? Adalah keperluan peningkatan standard kewangan anda, pinjaman Krismas, saya Beroperasi yang berdaftar dan kerajaan institusi kewangan yang diluluskan. Saya memberi pinjaman kepada syarikat-syarikat dan individu pada kadar yang lebih rendah sebanyak 2%. Saya memberi pinjaman melalui pemindahan akaun dan tidak memerlukan banyak kertas kerja. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mel:
(Rominaelizabethloanfirm@gmail.com). Datang dan mengalami perbezaan dalam perkhidmatan kami.

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Halo, Aku Mr fedrick daya pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan seumur hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang-hutang Anda segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga lain yang secara finansial? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau gadai janji unifikasi? Cari lagi karena kami berada di sini untuk semua masalah Anda secara finansial di masa lalu. Kami meminjamkan tabungan untuk individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam perdagangan di level 2%. Aku akan menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang mungkin dipercaya dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: (fedrickpowerloanfirm926@gmail.com)

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK !!! BERITA BAIK !!! KABAR BAIK!!!
Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
media ini untuk mengingatkan semua orang pinjaman berusaha untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
chloemorrisloanfirm@gmail.com
Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:purtihamzah@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman kepada perusahaan dan semua jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (fedrickpowerloanfirm926@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman kepada perusahaan dan semua jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (fedrickpowerloanfirm926@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman kepada perusahaan dan semua jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (fedrickpowerloanfirm926@gmail.com)

zalina dianto mengatakan...

CERITA SUKSES
salamalakum, silakan, saya ingin Anda semua untuk sangat berhati-hati dalam situs ini penuh pemberi pinjaman palsu saya zalina Dianto, Indonesia menjadi korban penipuan di tangan kreditur palsu, saya ditipu hampir penipuan Rp37,000 di tahun ini saya semua Karena saya membutuhkan Rp580,000,000 modal besar, aku hampir meninggal, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya hancur dalam proses saya kehilangan anak saya. i mearnt sebuah tennant yang Diperkenalkan saya untuk ibu Aasimah Aadila, membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaan, mereka memberi saya pinjaman sebesar 1% dengan biaya pendaftaran atau biaya transfer, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan untuk mengatakan terima kasih, jika Anda membutuhkan pinjaman kontak, Aasimah Aadila melalui email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) emaill saya (Zalinadiato@gmail.com) mungkin allah memberkati mereka

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

julia simon mengatakan...

Halo, nama saya Julia Simon, korban penipuan di tangan kreditur palsu. Saya telah kehilangan Acerca Rp120,000,000.00. Karena saya butuh modal kota besar 350,000,000.00.Euro. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan esta terjadi lagi. dalam dua bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman WHO Diperkenalkan dengan saya ibu yang baik, Mrs. Augusta Ibramhim, yang membantu saya mengamankan akhirnya pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik Saya ingin mengambil esta kesempatan untuk mengucapkan terima kasih, dan Semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin Gunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama orang Indonesia, Bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Augusta Ibramhim melalui email: augustaibramhim11 @ gmail .com. Anda dapat menghubungi saya melalui esta Juga email: juliasimon460@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. Tolong saya adalah satu-satunya yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
terima kasih.

Olivia Daniel mengatakan...

Halo,
Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
(Oliviadaniel93@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 9 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, Cahya Kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya, dan pinjaman saya siap, dalam waktu 8 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email nya cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini .. Anda juga dapat menghubungi saya di hariadihariadi70@gmail.com dan di sini adalah email teman-teman saya kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya! dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman masih ada seseorang yang peduli apa-apa.

Unknown mengatakan...

Banyak dari mereka yang mengatakan pemberi pinjaman semua palsu, saya adalah korban dari scammers internet selama 9 bulan. kemudian saya berpikir bahwa hidup saya telah berakhir. jadi saya mengunjungi situs pengumuman dari pinjaman satu hari, dan saya datang di sebuah Nyonya besar, Cahya Kirana, pinjaman iklan dan saya mengambil iman dan mengajukan permohonan pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 setelah mengisi formulir dan semua proses telah berhasil dilakukan , saya meminta untuk membayar biaya biaya transfer dan saya juga mengambil iman dan membayar biaya, sayangku untuk saya sangat mengejutkan. dia memberi saya pinjaman dari Rp500,000,000,000.00 dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% dan juga tanpa agunan yang, selama hidup saya, dan pinjaman saya siap, dalam waktu 8 jam saya punya uang di rekening saya tanpa masalah. Alasan mengapa saya membuat kesaksian ini untuk hari ini, karena dia telah mengubah semua kesedihan saya untuk sukacita dan tawa. wanita sebagai bagi saya, dia adalah Allah yang dikirim untuk membantu saya. dia menemukan lebih lanjut, hubungi hari ini sayangku Saudara-saudara perempuan dan Anda akan puas dengan kehidupan lagi dan semua kehidupan saya saya akan sangat greatfull padanya. Hubungi Ibu Cahya di Email nya cahya.creditfirm@gmail.com ,,,, dan mendapatkan pinjaman hari ini .. Anda juga dapat menghubungi saya di hariadihariadi70@gmail.com dan di sini adalah email teman-teman saya kasihbambang2012@gmail.com untuk lebih jelasnya! dia adalah orang yang meyakinkan saya untuk membayar biaya saya ketika saya takut bahwa ia mungkin menjadi salah satu penipu internet tapi sayang di antara semua pemberi pinjaman masih ada seseorang yang peduli apa-apa.

widaya mengatakan...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

teddy lisa mengatakan...

KESAKSIAN SAYA
I Teddy Lisa a car dealers , the Muslim faithful. Are you discouraged or disappointed? do you regret ever starting a business? are you having trouble? or you just got through a business failure? do you want to stop the entrepreneurial process? do you want to stop your business and go back to school to get a degree? i was a victim of all these challenges If one of the above situations apply to you, then I have some advice for you, building a business is definitely not an easy task it is a process that most people are afraid because of the challenges involved and that is why many people prefer to keep employees so to take a bold step in starting your own business you have really proved your guts building a successful business from scratch just all about surmounting challenges no more, no less no successful entrepreneurs have had a smooth ride to the top and never will challenges, disappointments and failures will always be there it's how you handle them that determines whether you will succeed or not many of those who say they are lenders all fake, I was a victim of internet scammers for 9 months. then I think that my life is over and the business down so I visited the site loan announcement one day, and I came across a great hostess,Aasimah Aadila, advertising credits and I took faith and apply for a loan from Rp500,000,000,000.00 after filling out the form and all the process was done, I was asked to pay a transfer fee charge and I also took faith and pay a fee, my dear biggest surprise me. He gave me Rp500,000,000,000.00 loans with very low interest rate of 1% and also without collateral, no guarantor and there is no registration fee to my greatest surprise of my loan approved is ready, within less than 5 hours I had money in my account without any problems the reason why I made this testimony to this day to him, because he changed all my sadness to joy and laughter my fellow Indonesia, he is God sent to help me for testimony today that you contact my brother and my sister and you will be satisfied with life again and all my life I will be very greatfull to Aasimah Aadila LOAN COMPANY contact Mrs. Aasimah Aadila himself email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,,, and get a loan today you can also contact me at (teddylisa2020@gmail.com) my friend (omogbudeabundace@gmail.com), he was the one who convinced me to pay my fees when I was afraid that he might be one of the internet fraudsters but affection among all credit lenders still someone who cares nothing do not go to lenders online, look for a loan firm geniue may God help us all again its address (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

teddy lisa mengatakan...

KESAKSIAN SAYA
I Teddy Lisa a car dealers , the Muslim faithful. Are you discouraged or disappointed? do you regret ever starting a business? are you having trouble? or you just got through a business failure? do you want to stop the entrepreneurial process? do you want to stop your business and go back to school to get a degree? i was a victim of all these challenges If one of the above situations apply to you, then I have some advice for you, building a business is definitely not an easy task it is a process that most people are afraid because of the challenges involved and that is why many people prefer to keep employees so to take a bold step in starting your own business you have really proved your guts building a successful business from scratch just all about surmounting challenges no more, no less no successful entrepreneurs have had a smooth ride to the top and never will challenges, disappointments and failures will always be there it's how you handle them that determines whether you will succeed or not many of those who say they are lenders all fake, I was a victim of internet scammers for 9 months. then I think that my life is over and the business down so I visited the site loan announcement one day, and I came across a great hostess,Aasimah Aadila, advertising credits and I took faith and apply for a loan from Rp500,000,000,000.00 after filling out the form and all the process was done, I was asked to pay a transfer fee charge and I also took faith and pay a fee, my dear biggest surprise me. He gave me Rp500,000,000,000.00 loans with very low interest rate of 1% and also without collateral, no guarantor and there is no registration fee to my greatest surprise of my loan approved is ready, within less than 5 hours I had money in my account without any problems the reason why I made this testimony to this day to him, because he changed all my sadness to joy and laughter my fellow Indonesia, he is God sent to help me for testimony today that you contact my brother and my sister and you will be satisfied with life again and all my life I will be very greatfull to Aasimah Aadila LOAN COMPANY contact Mrs. Aasimah Aadila himself email (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) ,,,, and get a loan today you can also contact me at (teddylisa2020@gmail.com) my friend (omogbudeabundace@gmail.com), he was the one who convinced me to pay my fees when I was afraid that he might be one of the internet fraudsters but affection among all credit lenders still someone who cares nothing do not go to lenders online, look for a loan firm geniue may God help us all again its address (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

MAHMU SIMON mengatakan...

Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

MAHMU SIMON mengatakan...

Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah yang wajar?
Apakah Anda tertarik untuk melunasi utang Anda tanpa stres?
Perlu konsolidasi utang?
Pribadi atau bisnis kredit?
Maka Anda perlu tidak terlihat lagi, karena manajemen pelayanan PINJAMAN ini, saat memberikan pinjaman pada tingkat bunga rendah hanya 2% daftar sekarang.
melengkapi formulir aplikasi di bawah ini: PINJAMAN FORMULIR.
Nama: ___________________________
Nama keluarga: ____________________________
Jenis kelamin: _______________________________
Status: _______________________
Alamat: ______________________
Negara: ______________________________
Kota: ________________________
Tanggal Lahir: Nomor ________________________
Yang dibutuhkan sebagai pinjaman: ________________
Panjang kredit: ________________________
Bulanan pendapatan / penghasilan tahunan: _________
Pekerjaan: ___________________________
Pinjaman Tujuan: _____________________
Telepon: ________________________________
Sex: ________________________
Fax: _______________________________
Apakah kamu
Sebelum diterapkan?
menghubungi perusahaan melalui email: MISSMARIA005@GMAIL.COM, atau hubungi kami di whatsapp 2348166553807.

MAHMU SIMON mengatakan...

Halo orang baik saya di Asia, mungkin ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga An INDONESIA tetapi saya berbasis di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman ini baik melalui Mrs Nurliana Novi, pemberi pinjaman kredit benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON KREDIT PERUSAHAAN, setelah saya telah scammed oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang percaya, maka dia datang dan menaruh senyum lebar di wajah saya di kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,
Mrs Elina Johnson dari ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM hanya menghubunginya hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara untuk mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Aku menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan mungkin ALLAH dipuji.

widaya mengatakan...

Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Chloe Morrison mengatakan...

AKHIR TAHUN PINJAMAN PENAWARAN .. AKHIR TAHUN PINJAMAN PENAWARAN ..
Saya Chloe Morrison, A pemberi pinjaman kredit, saya meminjamkan uang kepada individu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang merupakan periode utang lama dan ingin membayar. Kami menyediakan semua jenis pinjaman Anda dapat pernah berpikir, kita baik pinjaman swasta dan pemerintah, dengan suku bunga kredit dari 2%.
Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (Chloemorrisloanfirm@gmail.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________


CHLOEMORRISLOANFIRM
(chloemorrisloanfirm@gmail.com)

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

Nama saya Jurjani Budi dari Subang Jaya malaysia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada scamers dan curang di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya secara finansial tegang dan putus asa ketika toko saya mendapat dibakar, saya pergi ke bank saya tidak memenuhi syarat untuk pinjaman saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman dan serikat kredit online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal yang disebut pinjaman tanpa jaminan AASIMAHA Adila AHMED PINJAMAN FIRM sebesar Rm 250 juta dalam waktu kurang dari 14 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres dan belajar lession dari kesalahan mereka. Jadi,jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi {aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com} Anda dapat juga menghubungi saya di emai saya {jurjanibude0811@gmail.com} Tidak ada biaya yang diperlukan harapan saya dan sukacita dipulihkan

Unknown mengatakan...

Saya Diana Robert Reputasi, sah & sebuah uang terakreditasi
Pemberi pinjaman. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa saya memberikan penerima terpercaya seperti yang saya akan senang untuk menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu yang handal. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
Dianarobertloanfirm@gmail.com dan
dianarobertloanfirm@consultant.com

Layanan yang disediakan meliputi:

* Perbaikan rumah
* Pinjaman Inventor
* Kredit Mobil
* Hutang Konsolidasi Pinjaman
* Line of Credit
* Kedua Pinjaman
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman pribadi
* Pinjaman International.

Silahkan menulis kembali jika tertarik.
Setelah Response, Anda akan mengirimkan formulir permohonan pinjaman untuk mengisi. (Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Dijamin!) Saya berharap memungkinkan saya untuk menjadi layanan kepada Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui e-mail:
dianarobertloanfirm@consultant.com dan
dianarobertloanfirm@gmail.com

Dengan hormat,
Dianarobertloanfirm

teddy lisa mengatakan...

jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
terima kasih untuk membaca dan goodluck inshala

teddy lisa mengatakan...

jangan mengajukan pinjaman adalah situs, saya bodoh oleh banyak pemberi pinjaman palsu di situs ini, nama saya Lisa Teddy, korban penipuan di tangan kreditur palsu saya telah kehilangan sekitar Rm 55,000.00 karena saya butuh modal besar Rm 970.000 untuk membayar utang saya dan memulai bisnis lagi. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi pada bulan Juli 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, tegas Ny Aasimaha Adila Pinjaman dari kerajaan saudi, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman pada perusahaan pada tingkat 1% a ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan mungkin allah terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Aasimaha adila melalui email: (aasimahaadilaahmed .loanfirm @ gmail.com). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (teddylisa2020@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan, silakan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya di asia, silakan Anda perlu tahu bahwa pemberi pinjaman palsu akan meminta Anda untuk membayar (biaya seperti pendaftaran, biaya pemindahan, biaya pajak, biaya asuransi dan administrasi biaya, mereka juga meminta ATM pin kartu silakan becareful.) yang saudi perusahaan ibu kerajaan tidak dikenakan biaya apapun, perusahaan muslim yang jujur ​​membantu orang di daerah saya sekarang adalah ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))
terima kasih untuk membaca dan goodluck inshala

Unknown mengatakan...

i-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di
sini untuk scam Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dan saya diminta untuk membayar beberapa biaya dan saya dibayar, mereka meminta lagi dan lagi, saya membayar hampir 9 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, terjadi ditunjukan kepada saya sekitar 5 kali dari perusahaan pinjaman yang berbeda, saya Ingin saya akan bertemu orang yang tepat tetapi saya tidak.

Allah menjadi Kejayaan saya bertemu seorang teman yang baru saja diterapkan pada pinjaman dan dia mendapat pinjaman tanpa
stres, jadi dia memperkenalkan saya ke Ibu Tracy Morgan, saya diterapkan untuk 300 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan
penipuan, tetapi saya punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya dalam 2% tanpa agunan. saya sangat senang
karena saya adalah menyelamatkan dari mendapatkan miskin.

jadi saya saran semua orang di sini membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Dewi dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda
akan mendapatkan pinjaman Anda. id emailnya tyllerpaul004@gmail.com
gmail.comAnda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan info lebih lanjut dan bantuan pada fj1279704@gmail.com

lisa ivan mengatakan...

hello saudara kita yang kekasih dan adik sila berhati-hati bagaimana anda memohon pinjaman di internet kerana hampir pemberi pinjaman di internet adalah semua palsu dan orang-orang yang memberi keterangan adalah testifiers semua palsu yang adalah kerja tangan orang-orang yang sama yang membuat tuntutan untuk menjadi pemberi pinjaman tetapi hanya untuk merobek orang yang memerlukan bantuan wang keras mendapatkan mereka i adalah mangsa kepada kebanyakan peminjam palsu dan i adalah satu penipuan lebih RM15,000 kerana saya adalah memerlukan wang untuk membayar hutang saya dan untuk meningkatkan perniagaan saya lagi i Surfer sakit banyak dengan kaum yang palsu yang mendakwa diri mereka sebagai pemberi pinjaman sehingga i adalah memperkenalkan kepada ibu Dewi Ahmad dengan seorang kawan reza cindy saya yang memberitahu saya bagaimana dia mendapat pinjaman beliau dari ibu syarikat Dewi Ahmad yang kemudian saya dihubungi ibu tetapi masih takut di dalam saya kerana pengalaman masa lalu saya dan i mengelakkan menjadi mangsa kepada ini peminjam palsu dan kawan saya bahawa dia mendapat pinjaman dari dirinya dan saya boleh melihat bukti dalam dia dan menunjukkan kepada saya bukti yang pinjaman beliau adalah memindahkan kepada beliau dan saya memohon borang permohonan pinjaman dan dalam masa kurang 24 jam i mendapat pinjaman saya pinjaman saya ia adalah seperti mimpi untuk saya tidak pernah percaya bahawa terdapat sebarang pemberi pinjaman pinjaman benar dalam internet tetapi hari ini ibu Dewi Ahmad telah menamatkan ketidakstabilan kewangan saya dan sekarang saya dan keluarga saya hidup bahagia sebab itulah saya membuat keputusan untuk membuat kesaksian ini supaya anda orang yang kita berhati-hati tentang bagaimana anda memohon pinjaman kerana hampir semua pemberi pinjaman semua ini adalah palsu supaya saudara dan kakak jika anda memerlukan pinjaman sila buat tidak tergesa-gesa kesilapan sekarang dan menghubungi ibu Dewi Ahmad sekarang di melalui dewiahmad.loanfirm@gmail.com e-mel kini anda juga boleh hubungi saya di lisaivan070@gmail.com
terima kasih dan Tuhan memberkati anda semua

Unknown mengatakan...

i Mrs doryeness dari Surabaya, Indonesia, saya menggunakan media untuk menginformasikan saudara-saudara bagaimana saya mendapat pinjaman dari ibu yang baik ketika putri saya sakit dan membutuhkan transplantasi ginjal saya tidak punya uang semua orang menolak saya saya saya, bank saya menolak saya sampai paman saya memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang baik bernama cbn perusahaan pinjaman pribadi, mereka memberi saya pinjaman untuk membayar tagihan medis anak saya dan mendirikan usaha tanpa agunan dengan bunga hanya 2%, mereka adalah perusahaan belakang, saver hidup, semoga Tuhan terus memberkati mereka untuk pekerjaan baik dari-nya, jika Anda membutuhkan pinjaman atau bantuan keuangan untuk melunasi utang Anda atau berinvestasi dalam bisnis Anda saya akan mendorong Anda untuk menghubungi perusahaan melalui email: cbnpersonaloan@gmail.com
memetikan untuk dan pertanyaan atau saran saya dapat dihubungi melalui email; ramosdoryenes@gmail.com. semoga damai dan berkah Allah menjaga kita semua.

Unknown mengatakan...

JANGAN Ignor SARAN INI
Halo setiap orang yang melihat ini di seluruh dunia, situs ini memiliki banyak scammers, lakukan akan menipu seperti saya lagi, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman saudi. Aku baru saja pinjaman dari AASIMAHA Adila PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs mimosa Wijayanti dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com^~~V jadi saya langsung email mereka dan mereka menanggapi email saya . Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari $ 620.000 dolar amerika serikat i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 1% saya mendapat cepat Ada biaya. Tidak ada penjamin diperlukan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari jumlah mendesak tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima mimosa Wijayanti untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
^, Kontak saya adalah omogbudeabundance@gmail.com,
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya asuransi, biaya hipotek, kartu ATM pin dan biaya pajak, becareful, semua adalah scam. mungkin allah memberkati Anda semua.

Devy Ajja mengatakan...

assalamalekum
Apakah bisnis Anda membutuhkan pembiayaan? Anda perlu pinjaman pribadi, pinjaman besar untuk bisnis, kredit mobil, Anda perlu pinjaman pribadi, yang Anda butuhkan pinjaman liburan? Anda perlu pinjaman investasi larg? Anda perlu pinjaman hari yang buruk? Apakah Anda perlu uang untuk membeli peralatan, skala strategi pemasaran Anda, atau mempekerjakan karyawan baru? Terlepas dari kebutuhan Anda, ada satu hal yang harus diingat: mencari pinjaman bisnis lebih mudah hari ini daripada sebelumnya. keuangan global kami terbatas, perusahaan pinjaman tercepat yang memberikan segala jenis pinjaman kepada individu yang berkualitas, perusahaan swasta dan publik di tingkat suku bunga 1% tanpa agunan. untuk pinjaman menghubungi kami melalui email: (devyajjaade.loanfirm@gmail.com)

Devy Ajja mengatakan...

assalamalekum
Apakah bisnis Anda membutuhkan pembiayaan? Anda perlu pinjaman pribadi, pinjaman besar untuk bisnis, kredit mobil, Anda perlu pinjaman pribadi, yang Anda butuhkan pinjaman liburan? Anda perlu pinjaman investasi larg? Anda perlu pinjaman hari yang buruk? Apakah Anda perlu uang untuk membeli peralatan, skala strategi pemasaran Anda, atau mempekerjakan karyawan baru? Terlepas dari kebutuhan Anda, ada satu hal yang harus diingat: mencari pinjaman bisnis lebih mudah hari ini daripada sebelumnya. keuangan global kami terbatas, perusahaan pinjaman tercepat yang memberikan segala jenis pinjaman kepada individu yang berkualitas, perusahaan swasta dan publik di tingkat suku bunga 1% tanpa agunan. untuk pinjaman menghubungi kami melalui email: (devyajjaade.loanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

DATA PEMOHON:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status Pernikahan:
7) Bekerja:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Apakah Anda sudah menerapkan sebelumnya;
16) Tanggal lahir;

Terima kasih,
Ibu Christian

Anonim mengatakan...

Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Apakah Anda ingin memiliki sebuah perusahaan? Apakah Anda dalam utang? Kami menawarkan sejumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami dengan tingkat bunga 2%. jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Mary Harry mengatakan...

Halo, saya mary harry, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: maryharryloanfirm@gmail.com
balasan...

fadlika mengatakan...

Bagaimana kabarmu, nama saya Muthia Fadlika di medan, ibu christian yang memiliki menderita banyak dalam perjalanan hidup saya, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender palsu kredit di sini di internet dan beberapa dari mereka yang asli, saya ingin meluncur kesaksian bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman dan genue pinjaman nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internet di situs ini, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, biaya transfer, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari kreditur bahwa saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, itu sulit waktu bagi saya karena, saya punya banyak mengganggu dan saudara, anak-anak dan ibu dan suami yang sakit untuk mengambil dari, dengan semua tantangan, saya berpuasa dan berdoa banyak yang Tuhan mengirimkan saya pembantu saya, setelah tiga minggu jadi saya memutuskan untuk hubungi teman saya Nurul yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang suatu perusahaan dari kerajaan od saudi arabia di AASIMAHA timur Adila pINJAMAN pERUSAHAAN tengah yang membantu banyak orang di daerah saya, saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp530,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 3 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan impian saya datang melalui pada 3 Desember 2016. saya belajar untuk tidak pernah giveup perjuangan hidup, jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue pinjaman cepat memanggil dia sekarang email di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) perusahaan tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (muthiafadlika2020@gmail.com) untuk info lebih lanjut. saya sekarang punya cukup uang untuk merayakan christmax dan akhir tahun menjadi 2017, saya berharap Anda bahagia christmax dan tahun baru di muka

fadlika mengatakan...

Bagaimana kabarmu, nama saya Muthia Fadlika di medan, ibu christian yang memiliki menderita banyak dalam perjalanan hidup saya, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender palsu kredit di sini di internet dan beberapa dari mereka yang asli, saya ingin meluncur kesaksian bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman dan genue pinjaman nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internet di situs ini, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, biaya transfer, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari kreditur bahwa saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, itu sulit waktu bagi saya karena, saya punya banyak mengganggu dan saudara, anak-anak dan ibu dan suami yang sakit untuk mengambil dari, dengan semua tantangan, saya berpuasa dan berdoa banyak yang Tuhan mengirimkan saya pembantu saya, setelah tiga minggu jadi saya memutuskan untuk hubungi teman saya Nurul yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang suatu perusahaan dari kerajaan od saudi arabia di AASIMAHA timur Adila pINJAMAN pERUSAHAAN tengah yang membantu banyak orang di daerah saya, saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp530,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 3 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan impian saya datang melalui pada 3 Desember 2016. saya belajar untuk tidak pernah giveup perjuangan hidup, jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue pinjaman cepat memanggil dia sekarang email di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) perusahaan tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (muthiafadlika2020@gmail.com) untuk info lebih lanjut. saya sekarang punya cukup uang untuk merayakan christmax dan akhir tahun menjadi 2017, saya berharap Anda bahagia christmax dan tahun baru di muka

fadlika mengatakan...

Bagaimana kabarmu, nama saya Muthia Fadlika di medan, ibu christian yang memiliki menderita banyak dalam perjalanan hidup saya, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan seluruh Indonesia yang mencari pinjaman di internet sangat berhati-hati untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak lender palsu kredit di sini di internet dan beberapa dari mereka yang asli, saya ingin meluncur kesaksian bagaimana Tuhan mengarahkan saya ke pemberi pinjaman dan genue pinjaman nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, setelah saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman kredit di sini di internet di situs ini, saya kehilangan banyak uang untuk membayar biaya pendaftaran, asuransi, biaya transfer, pajak, dan setelah pembayaran saya masih tidak mendapatkan pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah scammed kali uang tanpa mendapatkan pinjaman dari kreditur bahwa saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, itu sulit waktu bagi saya karena, saya punya banyak mengganggu dan saudara, anak-anak dan ibu dan suami yang sakit untuk mengambil dari, dengan semua tantangan, saya berpuasa dan berdoa banyak yang Tuhan mengirimkan saya pembantu saya, setelah tiga minggu jadi saya memutuskan untuk hubungi teman saya Nurul yang baru-baru mendapat pinjaman online, kita membahas kesimpulan kita tentang masalah dan dia mengatakan kepada saya tentang suatu perusahaan dari kerajaan od saudi arabia di AASIMAHA timur Adila pINJAMAN pERUSAHAAN tengah yang membantu banyak orang di daerah saya, saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp530,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, tidak merawat usia saya, karena saya mengatakan apa yang saya ingin menggunakan uang itu untuk membangun bisnis dan pinjaman saya disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan yang dilakukan pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 3 jam setelah pendaftaran pinjaman, itu disimpan ke bank dan impian saya datang melalui pada 3 Desember 2016. saya belajar untuk tidak pernah giveup perjuangan hidup, jadi saya ingin saran yang membutuhkan genue pinjaman cepat memanggil dia sekarang email di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) perusahaan tidak tahu bahwa saya melakukan ini. Saya berdoa agar Tuhan memberkati dia untuk hal-hal baik yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (muthiafadlika2020@gmail.com) untuk info lebih lanjut. saya sekarang punya cukup uang untuk merayakan christmax dan akhir tahun menjadi 2017, saya berharap Anda bahagia christmax dan tahun baru di muka

Mary Harry mengatakan...

Halo, saya mary harry, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: maryharryloanfirm@gmail.com
balasan...

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance Limited, kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Mencari lagi karena tujuan kami adalah semua tentang kebebasan finansial dan masyarakat yang stabil. silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com)

APLIKASI DATA

1) Nama:
2) Negara:
3) Alamat
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) pendapatan bulanan:
11) dibutuhkan jumlah Pinjaman:
12) durasi pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda seorang pemilik industri? Anda memiliki sebuah pabrik? Anda membutuhkan pinjaman untuk payudara hidup keuangan Anda? adalah Anda menerjang bisnis dan Anda perlu uang untuk menjaga bisnis Anda berkembang di sini kita untuk membantu Anda memenuhi Anda butuhkan dan bust status keuangan Anda jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh kontak pinjaman kami di agentransferkredit@gmail.com

Anonim mengatakan...

Butuh kredit ekonomi yang mendesak?
* Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank Anda
* Pembayaran dimulai delapan bulan setelah Anda mendapatkan uang Anda
sebuah rekening bank
* Tingkat bunga rendah dari 2%
* Pembayaran jangka panjang (1-30 tahun) Panjang
* Persyaratan pinjaman Fleksibel dan biaya bulanan
*. Berapa lama waktu yang dibiayai? Setelah Anda mengirimkan aplikasi pinjaman Anda,
Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam
dari keuangan 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan
darimu. Hubungi perusahaan yang sah dan berlisensi ini berwenang untuk memberikan dukungan keuangan untuk Semua
Kami menawarkan pinjaman mulai dari 5,000.00 ke 250,000,000.00. Max, Kami juga mengeluarkan pinjaman dalam Euro, THB-Thai Baht, Sterling dan nilai tukar Dollar adalah 2% dari semua pinjaman

Terima kasih dan Tuhan memberkati.
jika Anda tertarik kembali ke kita melalui ...
Email:Susanbowmanloancompany@gmail.com

Aasimah Aadila mengatakan...

BREAKING NEWS! BREAKING NEWS !! BREAKING NEWS !!!
Hal ini untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa Prof. Aasimah Aadila, perusahaan pinjaman memiliki peluang keuangan terbuka untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, pinjaman bisnis, pinjaman utang dll Kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 1% untuk individu, perusahaan dan perusahaan up untuk $ 500.000.000 juta USD di bawah persyaratan situasi yang jelas dan mudah dipahami dan. hubungi kami hari ini via e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
APAKAH ANDA PERLU PINJAMAN URGENT, PINJAMAN CEPAT, PINJAMAN YANG TIDAK AMAN, CAR PINJAMAN USAHA KREDIT, HOLIDAY PINJAMAN, hak tanggungan PINJAMAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN UNTUK TAHUN DEPAN, APAKAH ANDA INGIN PINJAMAN INVESTASI BESAR
* Pinjaman Pribadi (perusahaan Pinjaman) / jenis pinjaman
* Kredit Usaha (Pinjaman utang) / pinjaman darurat
* Pinjaman Konsolidasi / pinjaman kesehatan pinjaman / week end
* Kombinasi Pinjaman / buruk pinjaman hari
* Perbaikan rumah / pinjaman lama /
  email; (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Bunda mengatakan...

Saya Fadilah dari Surabaya, Indonesia dan saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan / mendidik masyarakat umum tentang mendapatkan pinjaman online.
Satu-satunya perusahaan Anda bisa online pinjaman adalah Dubril Badan Kredit.
Saya menghubungi Dubril Badan Kredit ketika saya membutuhkan pinjaman mendesak dan saya ditawari pinjaman pada tingkat bunga 2%.
Hubungi Dubril Badan Kredit via email pada dubrilloanfirm@gmail.com.
Jika Anda membutuhkan bantuan atau informasi tentang bagaimana untuk pergi tentang proses pinjaman, silahkan hubungi saya melalui bfadilah8@gmail.com email saya.
Allah memberkati Anda.

Unknown mengatakan...

Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


Nama lengkap:
jumlah pinjaman :
Pinjaman Durasi:
Pendapatan bulanan :
negara:
Seks:
Nomor telepon:
Tanggal lahir :

Terima kasih dan Tuhan memberkati
JULIETOWENLOANCOMPANY
(Julietowenloancompany@gmail.com)
Ibu Juliet

Unknown mengatakan...

Halo,

Salam untuk Anda dalam nama Tuhan. Nama saya Miss Taylor Shaw, saya berusia 25 tahun, saya dari Amerika Serikat (U.S.A.), saya satu-satunya daugther almarhum Bapak / Ibu. Shaw.

Saya tidak memiliki kerabat apapun sekarang aku bisa pergi ke, karena saya meninggalkan negara saya pada usia yang sangat muda untuk tinggal di africa, Nigeria justru untuk tinggal dengan ibuku yang mengelola SPBU ayah saya di nigeria

Orang tua saya memiliki 12 SPBU di Nigeria di mana pemerintah telah mengumpulkan mereka dari saya akan berakhir lisensi dan non pengirim pembayaran pajak.

Saya ingin kembali ke studi saya karena saya hanya dihadiri tahun pertama saya di universitas sebelum acara menyedihkan terjadi.

Saya dihubungi oleh Union Bank london plc bahwa sejumlah besar uang itu disimpan di bank di mana saya adalah nama penandatangan rekening, nama saya digunakan sebagai keluarga terdekat.

Jumlah yang dimaksud adalah $ 4000000000 (US dolar), bank memberitahu saya hari ini.

Tapi manajer bank mengatakan kepada saya bahwa sebelum saya bisa mendapatkan uang ini dari bank, saya akan harus membeli perubahan sertifikat kepemilikan yang biaya $ 2.500 dolar dan saya tidak memiliki jumlah tersebut dengan saya.

Jadi aku akan seperti Anda untuk membantu saya mentransfer uang ke account Anda dan dari itu Anda akan mengambil jumlah dari 40% maka Anda akan mengirimkan 60% sisa uang untuk informasi account yang diberikan kepada Anda.

Aku memberimu tawaran ini karena saya tidak punya pilihan lain kiri.


Salam
Nona Taylor Shaw

taylorshaw213@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Aasimah Aadila mengatakan...

aasamalekum, adakah anda memerlukan pinjaman, melakukan memerlukan pinjaman segera, adakah anda memerlukan pinjaman cepat, adakah anda memerlukan pinjaman peribadi, adakah anda memerlukan pinjaman yang besar, adakah anda memerlukan pinjaman perniagaan, Adakah anda memerlukan pinjaman untuk pelaburan terlebih dahulu, adakah anda memerlukan pinjaman jangka panjang, adakah anda memerlukan pinjaman jangka pendek, adakah anda mendapatkan pinjaman tidak bercagar, membayar pinjaman hari yang anda perlukan, adakah anda memerlukan hari yang buruk pinjaman, keseluruhan pinjaman ibu negeri yang saya perlukan, adakah anda mahu pinjaman kereta, adakah anda mahu Morgage pinjaman, adakah anda mahu pinjaman bercagar, adakah anda mahu pinjaman rumah, Kemudian firma pinjaman yang membawa kembali kita pakej yang serendah 1%, pinjaman tanpa faedah, anda bebas untuk mendapatkan anda pinjaman cepat, untuk merealisasikan matlamat anda pada tahun baru ini, semoga allah memberkati anda, inshaillah
e-mel kenalan <(aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
  DAPATKAN SEGERA ANDA, ANDA MENDAPAT PINJAMAN CEPAT DAN BESAR

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Halo semua ini adalah (HARTFORD FINANCIAL SERVICE) dunia yang dikenal organisasi keuangan dengan sertifikasi jasa keuangan seperti yang kita memberikan pinjaman dari jenis apa pun ke mana saja di dunia pada tingkat yang paling menarik dari kontak 1,5% kami hari ini di (hartfordfinancialservice@gmail.com) karena kami akan memberikan mimpi keuangan Anda menjadi kenyataan
terima kasih dan Tuhan memberkati Anda

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

aasalamaluikum, saya ialah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan bandar utara di malaysia, saya mahu menggunakan medium ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana terdapat penipu di blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen mengenai syarikat yang pesat berkembang firma pinjaman dipercayai bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengesahkan saya pinjaman tidak bercagar Rm 579,000 pada kadar yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan caj pemindahan dan bayaran pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai cadangan perniagaan saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, tulen kenalan pinjaman pelaburan yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com )), anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu memberi keterangan im dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memakbulkan doa anda pada tahun ini seperti saya

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

aasalamaluikum, saya ialah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan bandar utara di malaysia, saya mahu menggunakan medium ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana terdapat penipu di blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen mengenai syarikat yang pesat berkembang firma pinjaman dipercayai bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengesahkan saya pinjaman tidak bercagar Rm 579,000 pada kadar yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan caj pemindahan dan bayaran pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai cadangan perniagaan saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, tulen kenalan pinjaman pelaburan yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com )), anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu memberi keterangan im dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memakbulkan doa anda pada tahun ini seperti saya

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

aasalamaluikum, saya ialah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan bandar utara di malaysia, saya mahu menggunakan medium ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana terdapat penipu di blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen mengenai syarikat yang pesat berkembang firma pinjaman dipercayai bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengesahkan saya pinjaman tidak bercagar Rm 579,000 pada kadar yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan caj pemindahan dan bayaran pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai cadangan perniagaan saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, tulen kenalan pinjaman pelaburan yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com )), anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu memberi keterangan im dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memakbulkan doa anda pada tahun ini seperti saya

Unknown mengatakan...

Saya Anna Ruddy, Saya Ingin bersaksi Pekerjaan yang Baik Dari Allah hearts Hidup Saya ditunjukan kepada Saya orang-orangutan Yang Mencari Pinjaman di Asia Dan Bagian berbaring Dari kata, KARENA Ekonomi buruk di beberapa gatra. Apakah mereka orang-orangutan Yang Mencari Pinjaman di ANTARA kamu? Maka Andari Harus Sangat Berhati-hati KARENA Banyak Perusahaan Pinjaman penipuan here di internet, tetapi mereka Masih asli Sekali hearts Pinjaman Perusahaan Palsu. Saya has Menjadi Korban penipuan Pemberi Pinjaman 6-kredit, Saya Kehilangan Begitu Banyak Uang KARENA Saya Mencari Pinjaman Dari Perusahaan mereka. Aku hampir mati hearts Proses KARENA Saya ditangkap Oleh orang-orangutan Dari Utang Saya Sendiri, SEBELUM Saya melepaskan Dari Penjara Dan Teman-teman Saya Yang Saya menjelaskan situasi Saya Dan kemudian MEMPERKENALKAN Saya Ke SEBUAH Perusahaan Pinjaman Yang ANTHONY.YULIANALENDERS reliabl. Saya mendapat Pinjaman Saya Dari ANTHONY.YULIANALENDERS Rp900,000,000 Sangat Mudah hearts Waktu 24 jam Yang Saya diterapkan, Jadi Saya memutuskan untuk review Berbagi Pekerjaan yang Baik Dari Allah through ANTHONY.YULIANALENDERS hearts Kehidupan Keluarga Saya. Saya Mencari Nasihat Andari JIKA Andari Membutuhkan Pinjaman Andari Lebih Baik Kontak ANTHONY.YULIANALENDERS. menghubungi mereka through email :. (Anthony.yulianalenders@gmail.com)
Andari also Dapat menghubungi Saya through email Saya di (Annaruddy1432@gmail.com) JIKA Andari merasa Sulit ATAU Ingin Prosedur untuk review memperoleh Pinjaman

Unknown mengatakan...

Saya Anna Ruddy, Saya Ingin bersaksi Pekerjaan yang Baik Dari Allah hearts Hidup Saya ditunjukan kepada Saya orang-orangutan Yang Mencari Pinjaman di Asia Dan Bagian berbaring Dari kata, KARENA Ekonomi buruk di beberapa gatra. Apakah mereka orang-orangutan Yang Mencari Pinjaman di ANTARA kamu? Maka Andari Harus Sangat Berhati-hati KARENA Banyak Perusahaan Pinjaman penipuan here di internet, tetapi mereka Masih asli Sekali hearts Pinjaman Perusahaan Palsu. Saya has Menjadi Korban penipuan Pemberi Pinjaman 6-kredit, Saya Kehilangan Begitu Banyak Uang KARENA Saya Mencari Pinjaman Dari Perusahaan mereka. Aku hampir mati hearts Proses KARENA Saya ditangkap Oleh orang-orangutan Dari Utang Saya Sendiri, SEBELUM Saya melepaskan Dari Penjara Dan Teman-teman Saya Yang Saya menjelaskan situasi Saya Dan kemudian MEMPERKENALKAN Saya Ke SEBUAH Perusahaan Pinjaman Yang ANTHONY.YULIANALENDERS reliabl. Saya mendapat Pinjaman Saya Dari ANTHONY.YULIANALENDERS Rp900,000,000 Sangat Mudah hearts Waktu 24 jam Yang Saya diterapkan, Jadi Saya memutuskan untuk review Berbagi Pekerjaan yang Baik Dari Allah through ANTHONY.YULIANALENDERS hearts Kehidupan Keluarga Saya. Saya Mencari Nasihat Andari JIKA Andari Membutuhkan Pinjaman Andari Lebih Baik Kontak ANTHONY.YULIANALENDERS. menghubungi mereka through email :. (Anthony.yulianalenders@gmail.com)
Andari also Dapat menghubungi Saya through email Saya di (Annaruddy1432@gmail.com) JIKA Andari merasa Sulit ATAU Ingin Prosedur untuk review memperoleh Pinjaman

trust mengatakan...

APAKAH Anda Perlu pinjaman? atau butuh pinjaman untuk melunasi dept atau tagihan khawatir lagi, dan jika demikian, silahkan hubungi kami langsung di:
trustfundloanfirm2020@gmail.com
nama:...................
Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: ..................
negara:.....................
negara:....................
nomor telepon:..................

CATATAN: SEMUA MAIL HARUS DIKIRIM KE EMAIL INI: trustfundloanfirm2020@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Mrs Rebecca mengatakan...

Selamat Datang di Kantor Rebecca Williams Pinjaman

FORMULIR PINJAMAN PELANGGAN

pelanggan terhormat yang terhormat,

Perusahaan saya bersedia untuk memberikan segala jenis pinjaman pilihan Anda asalkan Anda dapat membayar kembali pulang. suku bunga pinjaman kami adalah fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami pada tingkat bunga 2%. Kami adalah pemberi pinjaman yang handal dan kami menjamin Anda bahwa jika Anda mengikuti langkah kami demi langkah prosedur Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer ke Anda.

Kami tidak melampirkan biaya tersembunyi untuk program pinjaman kami. Kami memiliki proses karena kita mengikuti sebelum pinjaman Anda dapat disetujui dan ditransfer ke Anda, sehingga kami menyarankan agar Anda mengikuti langkah kami demi langkah prosedur sehingga transaksi pinjaman Anda akan selesai tepat waktu. Pastikan bahwa Anda membalas mail Anda tepat waktu sehingga transaksi pinjaman Anda tidak akan tertunda.

Silahkan mengisi formulir aplikasi pelanggan dan kembali kepada kami jika Anda setuju dengan Ketentuan / Kondisi yang memungkinkan kita memulai proses aplikasi pinjaman Anda.

Di bawah ini adalah formulir permohonan kredit kami, hati-hati mengisi informasi Anda sehingga memungkinkan kita lanjutkan dengan pengolahan dana pinjaman.



             FORMULIR PINJAMAN PELANGGAN



PEMOHON NAMA: -.........................................

ALAMAT TEMPAT TINGGAL:-......................................

KOTA:-............................................... ......

NEGARA:-............................................... .....

KEBANGSAAN:-..............................................

KODE POS:-..........................................

TELEPON:-............................................... .

TANGGAL:-............................................... ......

JUMLAH PINJAMAN DIBUTUHKAN: -....................................

PINJAMAN JANGKA WAKTU: -............................................

TUJUAN PINJAMAN: -..........................................

PENDUDUKAN:-...............................................

Perkawinan STATUS: -...........................................

JUMLAH PENDAPATAN:-............................................

JABATAN:-.............................................. ..

aplikasi pinjaman Anda akan disetujui segera setelah saya selesai dengan semua langkah yang diperlukan yang terlibat.

Salam,

Ibu Rebecca

hendi Zikri didi mengatakan...

Halo, nama saya hendi didi. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah foolby beberapa lender online, saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya di Medan merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal untuk meminjamkan bernama pinjaman tanpa jaminan Mrs Devya Ajjaade dari Rp853 juta dalam waktu kurang dari 2 jam tanpa penundaan pada tingkat bunga hanya 1%. Saya sangat terkejut ketika saya mendapat peringatan di ponsel saya saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan, karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa masalah. jadi jika Anda memerlukan pinjaman cepat, pinjaman besar dan pribadi apapun, menghubunginya melalui email: ^^^^devyajjaade.loanfirm@gmail.com^^^^^
untuk pertanyaan kontak saya adalah (hendidi01@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Jessica Dimas, korban penipuan di tangan kreditur palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp185,000000.00. karena saya butuh Rp370,000000.00 modal besar. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. dalam dua bulan yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya pada ibu yang baik, Mrs. Gloria Landaverde, yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, cukup sign in dengan Mrs Gloria Landaverde melalui email: glorialandaverde111 @ gmail.com. Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: jessicadimas129@gmail.com. jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya yang handal dan terpercaya.
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Halo
Kami memberikan semua jenis pinjaman, pinjaman kami;
* Sangat cepat dan cepat transfer ke rekening bank Anda
* Pembayaran dimulai tiga bulan setelah Anda mendapatkan dana di rekening bank Anda
* Rendah tingkat bunga 3%
* Pengembalian jangka panjang (1-15 tahun) panjang
* Persyaratan pinjaman yang fleksibel dan bulanan pembayaran
* Total durasi yang dibutuhkan untuk mendanai? Setelah mengirimkan aplikasi pinjaman Anda dapat mengharapkan balasan awal kurang dari 72 jam
* Pembiayaan dalam 10days atau kurang setelah menerima informasi yang mereka butuhkan dari Anda.

Kami adalah perusahaan kepercayaan berlisensi resmi dan dibenarkan untuk bantuan keuangan kepada negara-negara lain.
Untuk informasi lebih lanjut, pertanyaan dan pinjaman formulir Hubungi kami oleh
e-mail: matildablakeloanfirm@gmail.com atau hubungi Customer care kami di +14158892524

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Unknown mengatakan...

Saya Anna Ruddy, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan 6-kredit pemberi pinjaman, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum rilis saya dari penjara dan teman-teman saya bahwa saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ANTHONY.YULIANALENDERS reliabl. Saya mendapat pinjaman saya dari ANTHONY.YULIANALENDERS Rp900,000,000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ANTHONY.YULIANALENDERS dalam kehidupan keluarga saya. Saya mencari nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak ANTHONY.YULIANALENDERS. menghubungi mereka melalui email:. (Anthony.yulianalenders@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (Annaruddy1432@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Unknown mengatakan...

Saya Anna Ruddy, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang-orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali dalam pinjaman perusahaan palsu. Saya telah menjadi korban penipuan 6-kredit pemberi pinjaman, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum rilis saya dari penjara dan teman-teman saya bahwa saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman ANTHONY.YULIANALENDERS reliabl. Saya mendapat pinjaman saya dari ANTHONY.YULIANALENDERS Rp900,000,000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ANTHONY.YULIANALENDERS dalam kehidupan keluarga saya. Saya mencari nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak ANTHONY.YULIANALENDERS. menghubungi mereka melalui email:. (Anthony.yulianalenders@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (Annaruddy1432@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Unknown mengatakan...

PINJAMAN PENAWARAN AT RATE TERJANGKAU

PEDRO Clint PINJAMAN PERUSAHAAN

Hari baik Sir / Madam.

Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak dan mudah dalam mata uang apapun?
Hanya menghubungi kami melalui email di bawah ini;
Email-(pedroclintloanfirm@gmail.com) percaya pada tuhan
kami pemerintah terdaftar dan disetujui perusahaan swasta, kita telah di kegiatan kredit selama 22 tahun sekarang. dengan jaminan handal, efisien, cepat, dinamis, dan 100% dijamin. kami memberikan pinjaman dalam semua mata uang pinjaman kami mulai dari $ 3.000 hingga $ 50.000.000,00. pada tingkat bunga 3%

Kami menawarkan berbagai kredit

* Pinjaman Pribadi (aman dan tidak aman)
* Kredit Usaha (aman dan tidak aman)
* Kredit Konsolidasi

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca iklan.
E-mail kami hari ini untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan
pedroclintloanfirm@gmail.com


MR PEDRO Clint
Direktur

Unknown mengatakan...

PINJAMAN PENAWARAN AT RATE TERJANGKAU

PEDRO Clint PINJAMAN PERUSAHAAN

Hari baik Sir / Madam.

Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak dan mudah dalam mata uang apapun?
Hanya menghubungi kami melalui email di bawah ini;
Email-(pedroclintloanfirm@gmail.com) percaya pada tuhan
kami pemerintah terdaftar dan disetujui perusahaan swasta, kita telah di kegiatan kredit selama 22 tahun sekarang. dengan jaminan handal, efisien, cepat, dinamis, dan 100% dijamin. kami memberikan pinjaman dalam semua mata uang pinjaman kami mulai dari $ 3.000 hingga $ 50.000.000,00. pada tingkat bunga 3%

Kami menawarkan berbagai kredit

* Pinjaman Pribadi (aman dan tidak aman)
* Kredit Usaha (aman dan tidak aman)
* Kredit Konsolidasi

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca iklan.
E-mail kami hari ini untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan
pedroclintloanfirm@gmail.com


MR PEDRO Clint
Direktur

Unknown mengatakan...

PINJAMAN PENAWARAN AT RATE TERJANGKAU

PEDRO Clint PINJAMAN PERUSAHAAN

Hari baik Sir / Madam.

Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak dan mudah dalam mata uang apapun?
Hanya menghubungi kami melalui email di bawah ini;
Email-(pedroclintloanfirm@gmail.com) percaya pada tuhan
kami pemerintah terdaftar dan disetujui perusahaan swasta, kita telah di kegiatan kredit selama 22 tahun sekarang. dengan jaminan handal, efisien, cepat, dinamis, dan 100% dijamin. kami memberikan pinjaman dalam semua mata uang pinjaman kami mulai dari $ 3.000 hingga $ 50.000.000,00. pada tingkat bunga 3%

Kami menawarkan berbagai kredit

* Pinjaman Pribadi (aman dan tidak aman)
* Kredit Usaha (aman dan tidak aman)
* Kredit Konsolidasi

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca iklan.
E-mail kami hari ini untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan
pedroclintloanfirm@gmail.com


MR PEDRO Clint
Direktur

Unknown mengatakan...

menawarkan pinjaman tahun baru ******** baru tahun tawaran pinjaman *********
Kabar baik untuk semua orang, SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN diberikan pinjaman terjangkau untuk pelanggan tanpa agunan untuk Tahun 2017 dengan rencana sukses.

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis suku bunga kredit dari 2%. terburu-buru sekarang dan menjadi bagian dari program ini.
(Sunshineloancompany@gmail.com)

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan Pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail Sunshineloancompany@gmail.com

(SunshineLoanCompany)

Citi mortage mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan atau memulai bisnis? Anda memiliki skor kredit yang rendah dan menjadi sulit untuk mendapatkan pinjaman Silahkan hubungi CITI Mortage KREDIT PERUSAHAAN, dan mendapatkan pinjaman Anda tanpa kesulitan. Tingkat bunga adalah 2%. Untuk informasi lebih lanjut hubungi alamat email perusahaan Via email: CITIMORTAGE01@GMAIL.COM

Citi mortage mengatakan...

Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan atau memulai bisnis? Anda memiliki skor kredit yang rendah dan menjadi sulit untuk mendapatkan pinjaman Silahkan hubungi CITI Mortage KREDIT PERUSAHAAN, dan mendapatkan pinjaman Anda tanpa kesulitan. Tingkat bunga adalah 2%. Untuk informasi lebih lanjut hubungi alamat email perusahaan Via email: CITIMORTAGE01@GMAIL.COM

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

aasalamaluikum, saya ialah syahir neni, ibu muslim dari Kuching, Sarawak Kuching dewan bandar utara di malaysia, saya mahu menggunakan medium ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana terdapat penipu di blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam banyak palsu di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen mengenai syarikat yang pesat berkembang firma pinjaman dipercayai bernama Devya Ajjaade rumah kredit yang mengesahkan saya pinjaman tidak bercagar Rm 579,000 pada kadar yang sangat rendah 1% dalam 4 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana dengan caj pemindahan dan bayaran pendaftaran seperti yang lain di blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai cadangan perniagaan saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, tulen kenalan pinjaman pelaburan yang cepat melalui: ((devyajjaade.loanfirm@gmail.com )), anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu memberi keterangan im dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memakbulkan doa anda pada tahun ini seperti saya

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

Unknown mengatakan...

Apakah Anda lelah menjadi kecewa, mencari bantuan, Anda mencari pinjaman nyata? Nama saya Hellene Spencer. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr Daniel Blake, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan pinjaman usaha kredit buruk, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: hellenspencerloanfirm@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda stres keuangan atau tidak
dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda sendiri? kami membuat semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%, atau apakah Anda Perlu Pinjaman melikuidasi mereka
utang dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan merasa
sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan keuangan lainnya
lembaga? Membutuhkan pinjaman atau pembiayaan alasan, seperti: Jika demikian hubungi kami
dengan info di bawah via E-mail: joycekelvinloancompany@gmail.com


INFORMASI PEMINJAM 'S

Nama lengkap: __________________________________________
Negara: _____________________________________________
Negara: ______________________________________________
Alamat rumah: _______________________________________
Tanggal lahir: _________________________________________
Sex: _________________________________________________
Pekerjaan: ___________________________________________
Pendapatan bulanan: _______________________________________
Status perkawinan: ________________________________________
Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
Lamanya_______________________________________________

Salam
Joyce Kelvin

Unknown mengatakan...

Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda stres keuangan atau tidak
dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis Anda sendiri? kami membuat semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2%, atau apakah Anda Perlu Pinjaman melikuidasi mereka
utang dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan merasa
sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan keuangan lainnya
lembaga? Membutuhkan pinjaman atau pembiayaan alasan, seperti: Jika demikian hubungi kami
dengan info di bawah via E-mail: joycekelvinloancompany@gmail.com


INFORMASI PEMINJAM 'S

Nama lengkap: __________________________________________
Negara: _____________________________________________
Negara: ______________________________________________
Alamat rumah: _______________________________________
Tanggal lahir: _________________________________________
Sex: _________________________________________________
Pekerjaan: ___________________________________________
Pendapatan bulanan: _______________________________________
Status perkawinan: ________________________________________
Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
Lamanya_______________________________________________

Salam
Joyce Kelvin

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda membutuhkan Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan, Atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! perusahaan pinjaman Nicole Morgan kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui nicolemorganloan@gmail.com

Kami memberikan pinjaman mulai dari Jumlah minimum 5.000 untuk 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Inggris Dolar Negara, Eropa dan Great British Pounds (GBP).

DATA PEMOHON:

  1) Nama Lengkap:
  2) Negara:
  3) Alamat: a
  4) Negara:
  5) Sex:
  6) Status Pernikahan:
  7) Pekerjaan:
  8) Nomor Telepon:
  9) posisi Saat ini di tempat kerja:
  10) Pendapatan Bulanan:
  11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
  12) Durasi Pinjaman:
  13) Tujuan Pinjaman:
  14) Agama:
  15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
  16) Tanggal lahir:
Mrs NICOLE MORGAN

Unknown mengatakan...

Halo, nama saya Nona. Dwiokta Septiani Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya tegang finansial dan putus asa, saya scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Anita Charles pemberi pinjaman cepat, yang meminjamkan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 430 juta dalam waktu kurang dari 12 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji Ibu Anita saya akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan semacam pinjaman, hubungi Ibu Anita melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@mail.com.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: septianidwiokta@gmail.com
Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda lelah menjadi kecewa, mencari bantuan, Anda mencari pinjaman nyata? Nama saya Hellene Spencer. hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr Daniel Blake, salah satu harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pinjaman uang pinjaman pribadi, pinjaman, kredit konstruksi, kredit bunga rendah tingkat modal dll 2%, pinjaman usaha dan pinjaman usaha kredit buruk, start up. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: hellenspencerloanfirm@gmail.com

chavez mengatakan...

¿Está buscando un préstamo muy genuino? ¡Las buenas noticias están aquí! ! ! Nosotros
Ofrecen préstamos que van desde $ 5, 000.00 a $ 30, 000, 000.00 en interés
Tasa del 2% anual. Los préstamos para el desarrollo de negocios están certificados,
Eficiente, rápido y dinámico contacto fiable, fiable, nosotros via
Correo electrónico: chavezfirm@gmail.com
Gracias, chavez antonio

Olivia Daniel mengatakan...

Halo,
Saya Mrs Olivia Daniel, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
(Oliviadaniel93@gmail.com)


DATA APLIKASI

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Sex:
6) Status perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi sekarang di tempat kerja:
10) Pendapatan Bulanan:
11) Jumlah pinjaman yang diperlukan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Tujuan pinjaman:
14) Agama:
15) Apakah Anda menerapkan sebelum:
16) Tanggal Lahir:
Terima kasih,

Aasimah Aadila mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman kas yang besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita pinjaman intensif besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan Denie pinjaman dalam khawatir masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Aasimaha Adila, hamba allah di sini untuk menempatkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada muslim dan semua agama di dunia, dengan bunga rendah tingkat 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))) pinjaman kami cepat dan mendesak dalam pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam penurunan kas di akun Anda dengan keterlambatan, Anda perlu tahu ada pendaftaran dan mentransfer biaya yang diperlukan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

Aasimah Aadila mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman kas yang besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita pinjaman intensif besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan Denie pinjaman dalam khawatir masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Aasimaha Adila, hamba allah di sini untuk menempatkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada muslim dan semua agama di dunia, dengan bunga rendah tingkat 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))) pinjaman kami cepat dan mendesak dalam pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam penurunan kas di akun Anda dengan keterlambatan, Anda perlu tahu ada pendaftaran dan mentransfer biaya yang diperlukan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

Aasimah Aadila mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman kas yang besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita pinjaman intensif besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan Denie pinjaman dalam khawatir masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Aasimaha Adila, hamba allah di sini untuk menempatkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada muslim dan semua agama di dunia, dengan bunga rendah tingkat 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))) pinjaman kami cepat dan mendesak dalam pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam penurunan kas di akun Anda dengan keterlambatan, Anda perlu tahu ada pendaftaran dan mentransfer biaya yang diperlukan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

Aasimah Aadila mengatakan...

Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda membutuhkan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman kas yang besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita pinjaman intensif besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan Denie pinjaman dalam khawatir masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Aasimaha Adila, hamba allah di sini untuk menempatkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada muslim dan semua agama di dunia, dengan bunga rendah tingkat 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com))) pinjaman kami cepat dan mendesak dalam pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam penurunan kas di akun Anda dengan keterlambatan, Anda perlu tahu ada pendaftaran dan mentransfer biaya yang diperlukan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda Mencari Pinjaman? ATAU apakah Andari menolak Pinjaman Oleh Bank ATAU Lembaga Keuangan untuk review Satu ATAU LEBIH Alasan? Andari memiliki Tempat Yang Tepat Solusi untuk review Pinjaman Andari sini! Anthony Yuliana Lender memberikan Pinjaman ditunjukan ditunjukan kepada Perusahaan Dan individu PADA Tingkat bunga Rendah Dan Terjangkau Dari 1%. hubungi kami silahkan melalui e-mail hari Penyanyi melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Anonim mengatakan...

Halo semuanya
  Apakah Anda memiliki masalah dengan statusnya financiall Anda? Anda ingin memiliki perusahaan? Apakah Anda dalam utang atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis tahun baru ini? com untuk USAS kami menawarkan jumlah besar seperti t kita CEO Alyasaa Daburah Lender saat memberikan pinjaman kepada semua klien kami sehingga jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami di alyasaadaburahlenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda di Kesulitan Keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek? Apakah Anda membutuhkan pinjaman uang tunai besar untuk memulai bisnis? Anda perlu kapita intensif pinjaman besar untuk keperluan pertanian? Anda telah ditipu dan pinjaman Denie di khawatir tentang masa lalu tidak lebih, Anda berada di tempat yang tepat pinjaman Anthony yuliana, hamba Tuhan di sini untuk meletakkan senyum di wajah Anda, kami memberikan pinjaman kepada umat Islam dan semua agama di dunia , dengan tingkat bunga rendah dari 1%. mendaftar sekarang melalui email: (((Anthony.yulianalenders@gmail.com
   ))) Pinjaman kami cepat dan mendesak pengiriman dalam waktu kurang dari 2 jam Penurunan kas dalam account Anda dengan penundaan, Anda perlu tahu adalah biaya pendaftaran dan transfer yang dibutuhkan, kami berkomitmen untuk melayani Anda lebih baik

Unknown mengatakan...

Kabar baik untuk semua orang, SUNSHINE PINJAMAN PERUSAHAAN diberikan pinjaman terjangkau untuk pelanggan tanpa agunan untuk Tahun 2017 dengan rencana sukses.

Apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, karena kami menawarkan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan pinjaman perusahaan, dan semua jenis suku bunga kredit dari 2%. terburu-buru sekarang dan menjadi bagian dari program ini.
(Sunshineloancompany@gmail.com)

Informasi Peminjam:
Nama Lengkap: _______________
Negara: __________________
Sex: ______________________
Umur: ______________________
Jangka Waktu Pinjaman Dibutuhkan: _______
Durasi Pinjaman: ____________
Tujuan Pinjaman: _____________
Nomor Cell Phone: ________

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui e-mail Sunshineloancompany@gmail.com

(SunshineLoanCompany)

WAHYUNI ELVIN mengatakan...

Hello semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, aku punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan pinjaman. Aku baru saja pinjaman dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian Mrs Nuliana Novi Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi mereka sebuah email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelah, pinjaman dari RP 700.000.000, saya diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. dan pinjaman mendesak pada tingkat 2% aku cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat peringatan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin terutama terima Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, di sini adalah email saya wahyunielvin@gmail.com
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya adalah scam. mungkin Tuhan memberkati Anda semua
Terima kasih

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang,

Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda di stres keuangan atau Anda membutuhkan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda Perlu utang tekad Pinjaman dan membayar tagihan Anda? Apakah Anda memiliki Skor kredit yang rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda Perlu pinjaman atau industri pembiayaan membeli rumah? kami menawarkan sejumlah besar seperti jadi jika Anda tertarik untuk memperoleh pinjaman dari kami silahkan hubungi kami G-mail: globalfundfoundation9@gmail.com

Unknown mengatakan...

Akhirnya ada pemberi pinjaman kredit benar dalam internet. Halo semua, jika Anda berada di sini untuk mencari pinjaman maka Anda harus menghubungi Obi Esther sendiri karena dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata dan benar di sini bahwa tidak akan mengambil uang Anda dan melarikan diri. perusahaan pinjaman lainnya di sini adalah semua palsu, mereka hanya setelah uang kita. Mereka akan mati dalam sakit besar.
Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan jatuh korban scammers ini.
Hubungi Obi Esther sekarang jika Anda membutuhkan pinjaman nyata untuk hanya 2 tingkat% tanpa agunan,
email mereka obiesther.loanfirm@gmail.com
jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang Obi Esther, Anda bisa menghubungi saya di email saya di ranisuryana200@gmail.com
Tuhan memberkati kalian semua

Unknown mengatakan...

Akhirnya ada pemberi pinjaman kredit benar dalam internet. Halo semua, jika Anda berada di sini untuk mencari pinjaman maka Anda harus menghubungi Obi Esther sendiri karena dia adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata dan benar di sini bahwa tidak akan mengambil uang Anda dan melarikan diri. perusahaan pinjaman lainnya di sini adalah semua palsu, mereka hanya setelah uang kita. Mereka akan mati dalam sakit besar.
Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan jatuh korban scammers ini.
Hubungi Obi Esther sekarang jika Anda membutuhkan pinjaman nyata untuk hanya 2 tingkat% tanpa agunan,
email mereka obiesther.loanfirm@gmail.com
jika Anda ingin informasi lebih lanjut tentang Obi Esther, Anda bisa menghubungi saya di email saya di ranisuryana200@gmail.com
Tuhan memberkati kalian semua

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Susan bowman mengatakan...

KABAR BAIK!

Untuk benar memperkenalkan diri,
Ibuku SUSAN dari [SUSAN BOWMAN PINJAMAN PERUSAHAAN]

Saya seorang pemberi pinjaman pribadi, perusahaan saya menyediakan pinjaman dari semua jenis dengan tingkat bunga 2% saja. Ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda, berlaku hari ini dan mendapatkan pinjaman cepat Anda.

Ada banyak di luar sana mencari peluang atau bantuan keuangan di seluruh tempat dan masih, tapi mereka tidak mampu untuk mendapatkan satu. Tapi ini adalah kesempatan keuangan pada langkah pintu Anda dan dengan demikian Anda tidak mampu untuk lewatkan kesempatan ini.
Layanan ini membuat kedua individu, perusahaan, bisnis pria dan wanita.
Jumlah pinjaman berkisar tersedia dari setiap jumlah pilihan Anda untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email:

Susanbowmanloancompany@gmail.com

Unknown mengatakan...

Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, Membeli rumah atau mobil? "Kredit Investasi" penawaran? Kami menyediakan pinjaman konsolidasi utang, pinjaman bisnis, pinjaman refinancing rumah, kredit mobil, pinjaman pribadi, dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau anda telah ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis berikut pinjaman dan banyak lagi; € 2.000,00 Minimum hingga maksimal € 9.000.000 Term Pembayaran

(1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan Kelas Dunia fasilitas standar dan memastikan bahwa dana yang masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan berikut. pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. jika berminat, silakan Balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = 7BE80477

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

Saya Mrs. liza William pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda di utang? Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda ingin memulai bisnis baru atau renovasi rumah, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga dari 2 %. Anda dapat menghubungi kami melalui email: lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami berjanji untuk memberikan kami yang terbaik.

PINJAMAN CEPAT UNTUK BISNIS mengatakan...

KEBEBASAN KEUANGAN PADA TERAKHIR!
Kita semua tahu betapa sulitnya hidup di Indonesia. Saya ingin semua orang tahu bahwa ada harapan.
Aku di sini untuk berbagi sumber rahasia saya dana untuk semua orang yang telah mencoba segala kemungkinan dan telah kehilangan harapan tentang bagaimana untuk meminjam uang dari bank atau mendapatkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis di Indonesia.
Hidup saya benar-benar berubah sejak mitra bisnis saya di Jakarta mengatakan kepada saya tentang umat Pinjaman Perusahaan handal yang bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk memberikan pinjaman kepada Indonesia.
Umat Pinjaman Perusahaan meminjamkan dana kepada Anda tanpa bunga atau agunan! Anda dapat dengan mudah meminta pinjaman dari perusahaan yang baik pada alamat email ini: (ummahloanfinance@yahoo.com)
Ummah Pinjaman Perusahaan, mereka selalu menjaga janji mereka. Anda dapat berbicara dengan saya di (pakivantan@gmail.com) jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang mereka.

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

INI CERITA SAYA! CERITA SAYA!! CERITA SAYA!!
aasalamaluikum, saya Syahir Neni, seorang ibu Muslim dari Kuching, dewan bandar Sarawak Kuching di utara Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana ada penipu dalam blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam palsu banyak di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen tentang dipercayai pinjaman syarikat yang paling pesat berkembang syarikat pinjaman bernama Aasimah Aadila rumah yang mengesahkan pinjaman tanpa jaminan saya Rm 579,000 di yang sangat rendah 1% dalam masa kurang daripada 3 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana untuk memindahkan caj dan yuran pendaftaran seperti yang dinyatakan dalam blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai satu rancangan perniagaan yang saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, pinjaman pelaburan tulen kenalan cepat melalui: ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)) , anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu im memberi keterangan dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memberinya doa anda tahun ini seperti saya

nenisyahir@gmail.com mengatakan...

INI CERITA SAYA! CERITA SAYA!! CERITA SAYA!!
aasalamaluikum, saya Syahir Neni, seorang ibu Muslim dari Kuching, dewan bandar Sarawak Kuching di utara Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi amaran kepada semua pencari pinjaman perlu berhati-hati kerana ada penipu dalam blog ini. i bodoh di sini di laman web ini pada tahun lepas saya dari segi kewangan ke bawah, dan dalam keadaan terdesak, saya telah ditipu oleh peminjam palsu banyak di blog ini. Saya telah hampir berputus asa sehingga saya pergi di televisyen tentang dipercayai pinjaman syarikat yang paling pesat berkembang syarikat pinjaman bernama Aasimah Aadila rumah yang mengesahkan pinjaman tanpa jaminan saya Rm 579,000 di yang sangat rendah 1% dalam masa kurang daripada 3 jam tanpa tekanan dan kelewatan, mereka sangat cepat dan cepat untuk menyampaikan dana untuk memindahkan caj dan yuran pendaftaran seperti yang dinyatakan dalam blog ini. ia akan menarik minat anda untuk mengetahui bahawa saya mendapat pinjaman saya pada 5 Januari 2017, kini saya mempunyai satu rancangan perniagaan yang saya bekerja sekarang jika anda perlukan, besar, pinjaman pelaburan tulen kenalan cepat melalui: ((aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)) , anda perlu tahu bahawa firma itu tidak tahu im memberi keterangan dalam media, im sangat gembira untuk melakukan ini, e-mel saya adalah (nenisyahir@gmail.com) boleh allah memberkati dan memberinya doa anda tahun ini seperti saya

Unknown mengatakan...

Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS
Anda memiliki pinjaman mendesak?
Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman?
Membeli rumah atau mobil?
Untuk membayar utang?
"Kredit Investasi" penawaran
Anda memiliki kesulitan keuangan?
Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu?
Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%.
kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera
Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya perlu pinjaman mendesak.

Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com

Terima kasih telah memilih kami.

AHMED.E mengatakan...

Selamat siang

  ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah ini. Jika Anda mencari cara untuk mendapatkan kontak pinjaman kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

jurjanibude0811@gmail.com mengatakan...

BERITA BAIK !!! BERITA BAIK !!! BERITA BAIK !!!
Assalamalekum,Jurjani Budi nama saya, sila berhati-hati semua pemberi pinjaman pinjaman dalam penulis blog itu adalah palsu, mereka semua isu kelulusan palsu dan gaji palsu dokumen, saya mahu menggunakan media untuk mengingatkan semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati dengan palsu kerana mereka di mana-mana beberapa bulan lalu, saya adalah dari segi kewangan dalam hutang, dan kerana keperluan, putus asa dan bank saya merawat untuk merampas rumah perniagaan saya bankrap, saya telah bodoh oleh syarikat yang dipanggil pinjaman dalam talian, saya tidak berputus asa sehingga kawan saya merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang dipercayai dipanggil Puan AASIMAHA Adila yang memberi pinjaman pinjaman tidak bercagar RM 660,000 pada 1% kepentingan ratre dalam masa kurang 2 jam tanpa tekanan, pada mulanya ia adalah seperti mimpi bagi saya sehingga saya mendapat terbukti kejatuhan tunai dalam telefon bimbit saya, sila tidak terpakai dalam pemberi pinjaman pinjaman yang tidak mempunyai bukti penghantaran tunai kepada pelanggan, i mendapat bukti saya dan jelas pinjaman i reciever dari saudi arabia syarikat pinjaman muslim, saya menggalakkan rakan-rakan Islam malaysia yang memerlukan pinjaman untuk sila hubungi Puan AASIMAHA Adila melalui : /aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com/ Berhati-hati anda juga boleh menghubungi saya untuk maklumat lanjut melalui: jurjanibude0811@gmail.com

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR

BAIK!!!

Saya Mrs. liza William pemberi

pinjaman pinjaman pribadi. Apakah

Anda di utang? Anda membutuhkan

bantuan keuangan, Anda ingin memulai

bisnis baru ini adalah kesempatan

Anda untuk mencapai keinginan Anda

karena kami memberikan pinjaman

pribadi, pinjaman usaha, dan kredit

korporasi, dan segala macam pinjaman

pada tingkat bunga 2%. Anda dapat

menghubungi kami melalui email:

lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami

berjanji untuk memberikan kami yang

terbaik..

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR

BAIK!!!

Saya Mrs. liza William pemberi

pinjaman pinjaman pribadi. Apakah

Anda di utang? Anda membutuhkan

bantuan keuangan, Anda ingin memulai

bisnis baru ini adalah kesempatan

Anda untuk mencapai keinginan Anda

karena kami memberikan pinjaman

pribadi, pinjaman usaha, dan kredit

korporasi, dan segala macam pinjaman

pada tingkat bunga 2%. Anda dapat

menghubungi kami melalui email:

lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami

berjanji untuk memberikan kami yang

terbaik..

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR

BAIK!!!

Saya Mrs. liza William pemberi

pinjaman pinjaman pribadi. Apakah

Anda di utang? Anda membutuhkan

bantuan keuangan, Anda ingin memulai

bisnis baru ini adalah kesempatan

Anda untuk mencapai keinginan Anda

karena kami memberikan pinjaman

pribadi, pinjaman usaha, dan kredit

korporasi, dan segala macam pinjaman

pada tingkat bunga 2%. Anda dapat

menghubungi kami melalui email:

lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami

berjanji untuk memberikan kami yang

terbaik..

Unknown mengatakan...

KABAR BAIK! KABAR BAIK!! KABAR BAIK!!!

Saya Mrs. liza William pemberi pinjaman pinjaman pribadi. Apakah Anda di utang? Anda membutuhkan bantuan keuangan, Anda ingin memulai bisnis baru atau renovasi rumah, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga dari 2 %. Anda dapat menghubungi kami melalui email: lizawilliamloanfirm@gmail.com Kami berjanji untuk memberikan kami yang terbaik.

Zenith Loan Limited mengatakan...

Halo,
Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang-hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda?
anda telah ditolak oleh
bank dan lembaga keuangan lainnya?
Apakah Anda perlu Bank Garansi?
Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek?
mencari lagi karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu
membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang
untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk menginformasikan bahwa kami membuat handal dan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email: zenithloanlimited@gmail.com

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo,

Di sini datang pinjaman terjangkau yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, saya Mrs Brian Chamber, pemberi pinjaman kredit disetujui, terakreditasi dan terdaftar di bawah pemberi pinjaman kredit kesatuan organisasi, menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam rendah bunga 2%.

Im Mrs. Brian, akan membuat yang terbaik dari layanan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam transaksi ini karena Anda tidak dilahirkan untuk menjadi pecundang. hubungi kami hari ini via E-mail: brianchamberloancompany@gmail.com
Layanan kami meliputi:

* Pinjaman Pribadi
* Pinjaman konsolidasi Dept
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman Pendidikan
* Ingkar janji
* Pinjaman Dijamin
* Pinjaman Tanpa Jaminan
* Pinjaman hipotek
* Pembayaran pinjaman
* Siswa pinjaman
* Kredit komersial
* Pinjaman Auto
* Pinjaman Investasi
* Pinjaman Pembangunan
* Dana Pinjaman
* Pinjaman Konstruksi

Silahkan mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah dan mengembalikannya kepada kami untuk kami melayani Anda lebih baik melalui e-mail:
brianchamberloancompany@gmail.com

FORMULIR APLIKASI:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Seks:
5) Status Pernikahan:
6) Bekerja:
7) Nomor telepon:
8) berikutnya Kin:
9) Pendapatan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman Perlu:
11) Istilah pinjaman:
12) Tujuan pinjaman:
13) Tanggal lahir:

Unknown mengatakan...

Halo,

Di sini datang pinjaman terjangkau yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, saya Mrs Brian Chamber, pemberi pinjaman kredit disetujui, terakreditasi dan terdaftar di bawah pemberi pinjaman kredit kesatuan organisasi, menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam rendah bunga 2%.

Im Mrs. Brian, akan membuat yang terbaik dari layanan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam transaksi ini karena Anda tidak dilahirkan untuk menjadi pecundang. hubungi kami hari ini via E-mail: brianchamberloancompany@gmail.com
Layanan kami meliputi:

* Pinjaman Pribadi
* Pinjaman konsolidasi Dept
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman Pendidikan
* Ingkar janji
* Pinjaman Dijamin
* Pinjaman Tanpa Jaminan
* Pinjaman hipotek
* Pembayaran pinjaman
* Siswa pinjaman
* Kredit komersial
* Pinjaman Auto
* Pinjaman Investasi
* Pinjaman Pembangunan
* Dana Pinjaman
* Pinjaman Konstruksi

Silahkan mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah dan mengembalikannya kepada kami untuk kami melayani Anda lebih baik melalui e-mail:
brianchamberloancompany@gmail.com

FORMULIR APLIKASI:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Seks:
5) Status Pernikahan:
6) Bekerja:
7) Nomor telepon:
8) berikutnya Kin:
9) Pendapatan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman Perlu:
11) Istilah pinjaman:
12) Tujuan pinjaman:
13) Tanggal lahir:

Unknown mengatakan...

Halo Setiap Satu, saya Budi larry Dari Indonesia tapi saya tinggal di sini di jakatar, aku segera ingin menggunakan media ini untuk meluncur kesaksian bagaimana Tuhan mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput rahmat, dari menjadi miskin untuk orang kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp25.juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang legit kredit tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk menelepon teman saya yang baru-baru ini menerima pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang sebuah perusahaan pinjaman yang disebut ANTHONY YULIANA Pemberi pinjaman jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp800,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1.%, sehingga pinjaman disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 4 jam, pinjaman disetorkan ke bank saya, Jadi saya ingin saran yang membutuhkan pinjaman untuk cepat menghubungi mereka melalui email di. (Anthony.yulianalenders@gmail.com) mereka tidak tahu bahwa saya melakukan ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati Anda untuk kebaikan yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di budilarry789@gmail.com
Terima kasih dan Tuhan memberkati

fadlika mengatakan...

nama saya mrs muthia fadlika, seorang janda muslim yang tinggal di utara kota Kuching Sarawak di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati di blog karena ada contekan banyak dalam blog ini beberapa minggu yang lalu , saya tegang finansial dan putus asa, aku bodoh di blog ini dengan pemberi pinjaman buruk saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke muslims perusahaan yang sangat handal disebut AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM yang meminjamkan pinjaman internet besar dan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari rm730 di kurang dari 3 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 1% saya sangat terkejut ketika aku saldo peringatan bank saya dan menemukan bahwa cairan Rm730 langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan kemarin 13 Februari 2017 jadi saya berjanji Aasimaha Adila l akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres jadi jika Anda membutuhkan pinjaman besar sangat investasi tersebut, pinjaman pertanian atau membayar kontak utang melalui email: //aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com// untuk info lebih lanjut email saya : (muthiafadlika2020@gmail.com) mungkin challeng Anda tidak pernah menghentikan Anda untuk mencapai, ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak, tidak ada asuransi, tidak ada biaya transfer inshiallah

Unknown mengatakan...

Halo,

Di sini datang pinjaman terjangkau yang akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, saya Mrs Brian Chamber, pemberi pinjaman kredit disetujui, terakreditasi dan terdaftar di bawah pemberi pinjaman kredit kesatuan organisasi, menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam rendah bunga 2%.

Im Mrs. Brian, akan membuat yang terbaik dari layanan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan saya dalam transaksi ini karena Anda tidak dilahirkan untuk menjadi pecundang. hubungi kami hari ini via E-mail: brianchamberloancompany@gmail.com
Layanan kami meliputi:

* Pinjaman Pribadi
* Pinjaman konsolidasi Dept
* Pinjaman Bisnis
* Pinjaman Pendidikan
* Ingkar janji
* Pinjaman Dijamin
* Pinjaman Tanpa Jaminan
* Pinjaman hipotek
* Pembayaran pinjaman
* Siswa pinjaman
* Kredit komersial
* Pinjaman Auto
* Pinjaman Investasi
* Pinjaman Pembangunan
* Dana Pinjaman
* Pinjaman Konstruksi

Silahkan mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah dan mengembalikannya kepada kami untuk kami melayani Anda lebih baik melalui e-mail:
brianchamberloancompany@gmail.com

FORMULIR APLIKASI:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Seks:
5) Status Pernikahan:
6) Bekerja:
7) Nomor telepon:
8) berikutnya Kin:
9) Pendapatan Bulanan:
10) Jumlah Pinjaman Perlu:
11) Istilah pinjaman:
12) Tujuan pinjaman:
13) Tanggal lahir:

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Mencari lagi karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Ibu Teresa Firm Loan memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%, silahkan hubungi kami melalui e-mail melalui: (teresapedro200@gmail.com)

fadlika mengatakan...

DARURAT NEWS! BERITA DARURAT !! DARURAT
nama saya mrs muthia fadlika, seorang janda muslim yang tinggal di utara kota Kuching Sarawak di Malaysia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati di blog karena ada contekan banyak dalam blog ini beberapa minggu yang lalu , saya tegang finansial dan putus asa, aku bodoh di blog ini dengan pemberi pinjaman buruk saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke muslims perusahaan yang sangat handal disebut AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM yang meminjamkan pinjaman internet besar dan jumlah pinjaman tanpa jaminan dari rm730 di kurang dari 3 jam tanpa stres pada tingkat bunga rendah dari 1% saya sangat terkejut ketika aku saldo peringatan bank saya dan menemukan bahwa cairan Rm730 langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan kemarin 13 Februari 2017 jadi saya berjanji Aasimaha Adila l akan berbagi kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres jadi jika Anda membutuhkan pinjaman besar sangat investasi tersebut, pinjaman pertanian atau membayar kontak utang melalui email: //aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com// untuk info lebih lanjut email saya : (muthiafadlika2020@gmail.com) mungkin challeng Anda tidak pernah menghentikan Anda untuk mencapai, ada biaya pendaftaran, tidak ada pajak, tidak ada asuransi, tidak ada biaya transfer inshiallah

Nurliana Novi mengatakan...

Halo,
Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.
 Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya
Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl.
Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.
 Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

Unknown mengatakan...

Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
Terima kasih.

Dina Rofiq mengatakan...

Assalamu'alaikum, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islamic asli saya menemukan online untuk semua saudara muslim yang mencari pinjaman cepat dan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Mereka adalah Islam serikat kredit internasional adalah lembaga pemberi pinjaman internasional asli. Saya mendapat pinjaman dari mereka tahun lalu. Saya tahu bahwa ada pinjaman dari penipu pinjaman online. Tetapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga sudah pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka actaully asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam. Suku bunga bebas. Tidak ada pembayaran dimuka atau biaya lainnya. Tapi Anda harus dapat memberikan jaminan kepada mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. pinjaman mereka adalah 100% gratis. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Saya ingin semua orang untuk membaca pesan ini dengan hati-hati. Saya sangat senang untuk membuat kesaksian bagaimana saya mendapat pinjaman saya di pemberi pinjaman kredit legit, saya telah menderita di tangan kreditur internet palsu di situs web tertentu, saya sudah diterapkan di beberapa perusahaan pinjaman di sini dan semua yang mereka lakukan adalah meminta saya untuk pembayaran dan setelah pembayaran, saya tidak akan mendapatkan pinjaman dari mereka, mereka adalah orang-orang palsu dari Inggris dan bahkan India. Aku merasakan sakit karena utang saya, dan saya membayar pembayaran lain untuk mendapatkan pinjaman untuk membuat saya utang yang lebih besar. Saya sangat senang ketika teman saya mengatakan kepada saya bahwa dia mendapat pinjaman dari internet, dia adalah orang yang mengatakan kepada saya tentang Nicole Morgan dari NICOLE MORGAN KREDIT PERUSAHAAN, dan saya mengajukan pinjaman 800 juta, saya mengikuti semua prosedur, saya berpikir bahwa saya tidak akan mendapatkan pinjaman, tapi aku sangat senang ketika pinjaman saya disetujui dan dikirim langsung ke rekening bank saya dalam waktu 2 hari menerapkan. Saya telah membayar semua hutang saya sekarang dan saya stabil secara finansial ketika saya menulis pesan ini. Jadi jika salah satu dari Anda berada di sini untuk mengajukan pinjaman, Anda harus menghubungi Nicole Morgan di email-nya, mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman kredit nyata, yang lain adalah palsu. Cukup ikuti semua prosedur di Nicole Morgan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman, bijaksana sehingga Anda tidak akan kehilangan uang seperti saya, ibu kontak Nicole Morgan jika Anda benar-benar membutuhkan pinjaman nicolemorganloan@gmail.com
hubungi saya juga jadi saya bisa memberikan informasi lebih lanjut dan guardiance hadijaboften2@gmail.com
Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Halo Setiap Satu, saya iwan ahmed Dari Indonesia tapi saya tinggal di sini di jakatar, saya langsung ingin menggunakan media ini untuk meluncur kesaksian bagaimana teman saya budi larry mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari tubuh tidak dengan seseorang , dari yang miskin ke kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp30.juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang legit kredit tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk memanggil larry saya yang baru-baru ini menerima pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang sebuah perusahaan bernama ANTHONY YULIANA pinjaman pemberi pinjaman jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp1000,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 2 jam, pinjaman disetorkan ke bank saya, jadi saya ingin saran bahwa pinjaman perlu cepat menghubungi mereka melalui email di. (Anthony.yulianalenders@gmail.com) mereka tidak tahu bahwa Im melakukan semua ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati Anda untuk kebaikan yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (iwanahmed9@gmail.com)
Terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

Unknown mengatakan...

halo teman-teman, saya punya kabar baik untuk berbagi. silahkan bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia. Aku baru saja pinjaman dari organisasi pinjaman internasional yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapat kontak mereka. Aku melihat kesaksian satu Mrs. Aisyah Taufik dari Malaysia di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka dan dia memberi saya email mereka (jamesalthousefinancefirm@gmail.com) Jadi saya segera email mereka dan mereka menanggapi email saya. Jujur, pada awalnya saya begitu banyak takut karena saya telah kehilangan uang saya untuk scam sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 48 jam setelah, pinjaman $ 250.000.00 united states dolar i diterapkan untuk benar-benar ditransfer ke rekening saya. Seluruh proses itu sederhana. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa hal itu benar. Saya pikir saya sedang bermimpi ketika saya mendapat pesan dari bank saya. Sekarang hati saya penuh dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk semua orang yang mencari dorongan yang tulus untuk mendapatkan pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai proyek adalah untuk mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut karena saya terkejut. Saya ingin terutama terima Aisyah Taufik yang menyediakan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda menghubungi mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, silahkan menyebarkan berita baik sehingga orang lain juga dapat manfaat. ini ada email sekali lagi jamesalthousefinancefirm@gmail.com
Terima kasih.
di sini adalah email saya memetikan Anda ingin menanyakan sesuatu elenaalexandru024@gmail.com

Unknown mengatakan...

Halo Setiap Satu, saya iwan ahmed Dari Indonesia tapi saya tinggal di sini di jakatar, saya langsung ingin menggunakan media ini untuk meluncur kesaksian bagaimana teman saya budi larry mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman kredit Legit dan nyata yang telah mengubah hidup saya dari tubuh tidak dengan seseorang , dari yang miskin ke kaya yang sekarang dapat membanggakan dari hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan scammed jumlah Rp30.juta saya menjadi begitu putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang legit kredit tidak akan meningkatkan rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk memanggil larry saya yang baru-baru ini menerima pinjaman online, kita membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang sebuah perusahaan bernama ANTHONY YULIANA pinjaman pemberi pinjaman jadi saya diterapkan untuk jumlah pinjaman (Rp1000,000,000) dengan tingkat bunga rendah dari 1%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan di mana dibuat pada transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 2 jam, pinjaman disetorkan ke bank saya, jadi saya ingin saran bahwa pinjaman perlu cepat menghubungi mereka melalui email di. (Anthony.yulianalenders@gmail.com) mereka tidak tahu bahwa Im melakukan semua ini saya berdoa bahwa Tuhan akan memberkati Anda untuk kebaikan yang telah dilakukan dalam hidup saya. Anda juga dapat menghubungi saya di (iwanahmed9@gmail.com)
Terima kasih dan Tuhan memberkati Anda semua

Jessica Williams mengatakan...

Kami adalah organisasi yang dibentuk untuk membantu orang yang membutuhkan
bantuan, seperti bantuan keuangan. Jadi, jika Anda akan melalui keuangan
masalah jika Anda memiliki berantakan keuangan dan Anda perlu dana untuk
memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar
tagihan, memulai bisnis yang bagus, atau Anda merasa sulit
mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini melalui email
jessicawilliamsloanfirm@gmail.com

PEMINJAM INFORMASI

Nama lengkap: __________________________________________
Negara: _____________________________________________
Alamat rumah: _______________________________________
Tanggal lahir: _________________________________________
Sex: _________________________________________________
Pekerjaan: ___________________________________________
Pendapatan bulanan: _______________________________________
Status pernikahan: ________________________________________
Sebuah Nomor telepon yang valid: __________________________________
Jumlah Dibutuhkan: ______________________________________
Lamanya_______________________________________________

Salam
Jessica Williams

HELEN WILSON mengatakan...

Saya ingin menginformasikan kepada masyarakat umum bahwa Mrs Helen Wilson, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di:
(helenwilson719@gmail.com) Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan saya Anda dapat menghubungi kami hari ini.

Jumlah maksimum yang meminjamkan adalah 600,000,000.00 berikut ini
Mata uang: Dollar Amerika Serikat, Euro dan Pound Inggris

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Baik baru untuk semua orang, direksi perusahaan pinjaman Anthony yuliana ketika memberikan pinjaman kepada semua pelamar sehingga harga kami dengan tingkat bunga 1% per tahun baru-baru ini bertemu dengan needs.All keuangan Anda kami butuhkan dari Anda adalah beberapa informasi tentang Anda jadi jika Anda tertarik. Tidak ada bentuk biaya, kurang stress.There adalah hari bayaran pinjaman fax online, cepat dan selalu tersedia solusi.
Bad pinjaman kredit hari bayaran memungkinkan bagi Anda untuk memecahkan kewajiban keuangan kecil Anda seperti mengambil anjing Anda ke dokter hewan untuk pengobatan diperlukan. Bagian yang terbaik adalah Anda tidak perlu mengetuk pintu orang tua Anda untuk uang. dll Jika Anda perlu menunjukkan minat Anda, silahkan hubungi kami di portal kami / pelanggan ... anthony.yulianalenders@gmail.com

Dina Rofiq mengatakan...

Assalamu'alaikum, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islamic asli saya menemukan online untuk semua saudara muslim yang mencari pinjaman cepat dan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Mereka adalah Islam serikat kredit internasional adalah lembaga pemberi pinjaman internasional asli. Saya mendapat pinjaman dari mereka tahun lalu. Saya tahu bahwa ada pinjaman dari penipu pinjaman online. Tetapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga sudah pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka actaully asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam. Suku bunga bebas. Tidak ada pembayaran dimuka atau biaya lainnya. Tapi Anda harus dapat memberikan jaminan kepada mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. pinjaman mereka adalah 100% gratis. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Halo;

Costomers yang terhormat

Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita?

Apakah Anda secara finansial stres atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah dalam bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!

Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin langsung dalam waktu 24 jam pengobatan.

Kontak Email: Halimajamiuloancompany@gmail.com
Terima kasih telah memilih kami.

nur syarah mengatakan...

Halo semua,
Nama saya nur syarah kota Bogor di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk menyenangkan hati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak lender pinjaman di sini adalah semua scammers dan mereka hanya di sini untuk scam Anda keluar dari uang Anda , saya mengajukan pinjaman dari sekitar 150 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka meminta lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 10 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman, ada yang menunjukkan kepada saya sekitar 2 kali dari dua wanita yang berbeda di Filipina, saya berharap saya akan bertemu dengan orang yang tepat, tapi saya tidak.

Kemuliaan bagi Tuhan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja diterapkan pinjaman, dan ia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Ibu Margaret pedro, CEO Margaret perusahaan pinjaman pedro, dan saya diterapkan untuk 420 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi aku punya pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya diselamatkan dari mendapatkan miskin.

jadi saya nasihat semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk kontak
Mrs Margaret pedro melalui email: margaretpedroloancompany@gmail.com

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut melalui email: nursyarah36@gmail.com

sekali lagi terima kasih untuk semua membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

affendi ali mengatakan...

assalamalekum orang baik saya di Asia, Setiap mimpi besar dimulai dengan pemimpi. Selalu ingat, Anda memiliki dalam diri Anda kekuatan, kesabaran, dan semangat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia, nama saya Mallam Afendi ali, warga Indonesia saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua tentang kebaikan allah yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman baik melalui Prof AASIMAHA Adila, setelah saya telah bodoh oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, saya membaca di jurnal bisnis bahwa saudi arabia perusahaan pinjaman muslim AASIMAHA Adila bantuan orang yang membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, jadi saya salin alamat email dan menulis untuk mengajukan satu miliar rupiah, pada tingkat bunga rendah dari 1%, untuk mengejutkan terbesar saya saya mendapat pinjaman saya di akun saya sangat mudah stres saya tahu sebagian besar dari Anda juga korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya, prof AASIMAHA Adila pINJAMAN FIRM hanya dihubungi hari ini melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) karena saya mendapat pinjaman saya punya investasi saya di malaysia dan Indonesia untuk informasi lebih lanjut dan bukti pembayaran Anda dapat menghubungi me.affendiali84@gmail.com, jika Anda ingin kontak modal investasi besar perusahaan ibu muslim (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Halo
Anda mencari bantuan keuangan Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan utang membeli dan rumah mobil lain Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada perusahaan dan individu dan kami memberikan pinjaman suku bunga 2% sehingga Anda membutuhkan pinjaman untuk Anda ke email kami hari ini di wilsontaylor228@gmail.com

Formulir aplikasi pinjaman yang harus diisi adalah sebagai berikut:

Nama lengkap.............................................
negara: ...................... ..........
Jumlah pinjaman: .....................
Nomor telepon:.....................
durasi pinjaman ....................................
Pekerjaan: ................... .......
Pendapatan bulanan:.................
Jenis kelamin: .............................. .........
Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..................

Kami menunggu balasan Anda ke email kami wilsontaylor228@gmail.com
Wilson Taylor

Dina Rofiq mengatakan...

Assalamu'alaikum, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islamic asli saya menemukan online untuk semua saudara muslim yang mencari pinjaman cepat dan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Mereka adalah Islam serikat kredit internasional adalah lembaga pemberi pinjaman internasional asli. Saya mendapat pinjaman dari mereka tahun lalu. Saya tahu bahwa ada pinjaman dari penipu pinjaman online. Tetapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga sudah pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka actaully asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam. Suku bunga bebas. Tidak ada pembayaran dimuka atau biaya lainnya. Tapi Anda harus dapat memberikan jaminan kepada mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. pinjaman mereka adalah 100% gratis. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

Anthony Yuliana Lenders mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Atau apakah Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Anthony Yuliana Lender memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 1%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui anthony.yulianalenders@gmail.com

«Terlama ‹Lebih tua   201 – 400 dari 649   Lebih baru› Terbaru»

Posting Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!