Subscribe:

Minggu, 18 Desember 2011

Tips Mengelola Keuangan yang Baik

Banyak orang yang memiliki pendapatan yang lumayan besar setiap bulannya namun hampir setiap bulan merasa kekurangan atau kehabisan uang. Sebaliknya, tidak sedikit orang yang penghasilannya bisa dibilang pas-pasan tapi mereka hampir tidak pernah merasa kehabisan uang.

Nah, dalam hal ini kita akan bahas mengenai pengololaan uang untuk pribadi maupun keluarga. Memang untuk mengelola keuangan baik pribadi, keluarga, maupun organisasi tidak mudak (bagi yang tidak bisa menahan diri), bagi yang bisa menahan diri ini sangatlah mudah.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengelola keuangan kita agar terhindar dari masalah keuangan yaitu dengan membedakan dan mengelompokkan harta yang kita miliki antara lain pendapatan, bisnis, investasi, dan tabungan. Mengapa? karena dengan demikian kita dapat menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan. Cara mengelompokkanya mungkin dengan membuat rekening yang berbeda.

  1. Pendapatan
    Untuk pendapatan anda sebagian bisa disisihkan untuk tabungan atau investasi, dan sebagian lagi gunakan untuk pengeluaran anda.
  2. Bisnis
    Simpanan untuk bisnis jangan sampai digunakan untuk kepentingan pribadi atau yang lainnya selain kepentingan bisnis, hal ini untuk mendukung kelancaran bisnis anda.
  3. Investasi
    Investasi anda bisa berupa emas, rumah, tanah, dsb. Jangan menggunakan dana investasi anda untuk keperluan pribadi kecuali jika sangat penting dan itupun gunakanlah keuntungan dari investasi anda, jangan gunakan seluruhnya.
  4. Tabungan
    Tabungan merupakan harta yang sangat penting. Tambah saldo tabungan anda, minimalkan pengurangan saldo. Jangan gunakan uang tabungan kecuali jika ada kebutuhan yang sangat penting misalkan kematian, sekolah, dll.

selain melakukan langkah-langkah yang disebutkan diatas, anda harus bisa mengontrol pengeluaran anda agar anda tidak konsumtif dan cenderung menghabiskan uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Jika anda bisa mengendalikan diri dan melakukan langkah-langkah yang disebutkan diatas, keuangan anda pasti akan berjalan dengan baik.

3 komentar:

Kang Asep Sule mengatakan...

info yang menarik.
tukeran link?? confirm di sini http://kangasepsule.blogspot.com/p/partner-links.html kalo okeh..

ventola mengatakan...

Oke OM. kita barter link! obrolan selanjutnya lewat CHATBOX aja ya. sudah tersedia di muka blog. hehehe. THNKS YA. hidup BLOGGER.

ibundasetia mengatakan...

wah bener tuh gan, kita harus bisa ngebedain supaya tetep stabil keuangan kita..

Poskan Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!