Subscribe:

Kamis, 01 Maret 2012

3 Alasan Penting Menabung

Seorang perencana keuangan menjelaskan beberapa pentingnya menabung serta berinvestasi. Menurutnya, alasan utama adalah karena tidak ada manusia yang bisa memprediksi masa depan.

"Manusia tidak dapat mempredikasi masa depan. Selain itu karena kita perlu mengantisipasi kebutuhan kita," ungkap Pengamat keuangan Manuel Pakpahan, dikutip dalam bukunya "Saya tak mau jadi hamba dinar".

Selain itu, alasan kedua yang tidak kalah penting adalah kebanyakan orang mengharapkan kehidupan yang lebih baik untuk masa depan. Ketiga adalah karena menabung/berinvestasi merupakan konsekuensi kehidupan.

"Berapapun pendapatan bersihmu, sisihkan untuk tabungan. Investasi dan asuransi antara 10-30 persen dari pendapatan bulanan," ungkapnya.

Menurutnya, cara yang tepat selain menyimpan sejumlah uang sebagai investasi, atau benda berharga lainnya, investasi dalam bentuk asuransi juga patut dipertimbangkan. Disebutkannya, ada empat asuransi yang layak dipertimbangkan.

"Yang pertama adalah asuransi jiwa. Yaitu asuransi untuk pencadangan mengantisipasi kematian. Sementara itu, asuransi yang kedua adalah asuransi cacat tetap. Di mana asuransi ini untuk pencadangan menghadapi risiko kecacatan selama usia produktif," pungkasnya.

Selanjutnya, asuransi penyakit kritis juga perlu. Karena hal ini untuk mengantisipasi apabila suatu ketika kita didiagnosa mengidap penyakit kritis dalam usia produktif. Terakhir, asuransi kesehatan. Yaitu asuransi yang digunakan sebagai pencadangan apabila kita mengalami kondisi kesehatan.

"Di luar asuransi tersebut, sebebnarnya juga masih banyak asuransi yang peru dipertimbangkan. Di antaranya asuransi rumah dan isinya, asuransi kendaraan, dan lainnya," ungkapnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!