Subscribe:

Kamis, 01 Maret 2012

Cara Bijak Mengatur Keuangan Setelah Menikah

Mengatur keuangan ketika Anda masih lajang dan setelah menikah tentunya berbeda. Kebiasaan boros dan memuaskan keinginan pribadi saat melajang tentunya tidak boleh terus terbawa ketika sudah berumah tangga.

Sebagai istri tentunya Anda harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan keluarga. Berikut beberapa tips mengatur keuangan keluarga yang mungkin bisa berguna bagi Anda:

Catatlah Pengeluaran Wajib Setiap Bulan

Tulis semua pengeluaran wajib, sedetail-detailnya. Jadi selama sebulan kita harus hapal dengan kebutuhan rutin. Hafalkan harga-harga kebutuhan rutin, setelah semua sudah diketahui, tinggal jumlahkan semua pengeluaran Anda selama sebulan. Jadi Anda bakal hafal pengeluaran rutin kita setiap bulan.

Budayakan Menabung
Aktivitas menabung bukanlah hal mudah bagi mereka yang terbiasa hidup dengan keborosan dan hura-hura. Padahal, akan banyak hal yang tak terduga bisa terjadi dalam rumah tangga. Bila menabung telah menjadi suatu kebiasaan, maka otomatis rencana apa pun yang Anda buat dapat lebih mudah terealisasikan.

Berdiskusilah
Berdiskusilah berdua (dengan pasangan Anda) segala sesuatu mengenai kebutuhan dan keuangan keluarga. Lakukan pembagian yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman. Buatlah laporan harian yang menunjukkan semua keperluan dan pengeluaran Anda, bicarakan apa yang harus Anda lakukan bila terjadi kekurangan.

Hindari hutang.
Godaan untuk hidup konsumtif semakin besar. Tapi bukan berarti dengan mudah Anda membeli berbagai benda secara kredit. Tumbuhkan kebiasaan keuangan yang sehat dimulai dari yang sederhana, seperti tak memiliki hutang konsumtif.

Meminimalkan belanja konsumtif.
Bertemu teman lama untuk bertukar pikiran di kafe terkadang memang perlu, tapi tak berarti Anda harus melakukannya di setiap Jumat sore. Anda bisa gunakan pengeluaran ini untuk menabung atau memenuhi kebutuhan lain.

Semoga bermanfaat!

2 komentar:

Ali Muslihan mengatakan...

Mengatur keuangan untuk sebagian besar orang adalah sangat sulit, karena mungkin kontrol diri yang kurang atau nafsu untuk berbelanja yang berlebih.tips anda sangat bermanfaat banget dan sangat Ok. Nitip link sob Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

UII Official mengatakan...

terima kasih infonya, salam kenal dari saya :)

Poskan Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!