Subscribe:

Sabtu, 21 Januari 2012

Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Keluarga Profesional (1)

Ada dua konsep utama tentang manajemen keuangan keluarga yang wajib diketahui oleh keluarga yaitu tentang Neraca dan Rugi/Laba serta Manajemen Cashflow/Arus Kas. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas sebagai berikut.

Memahami Majamen Cashflow
Cashflow atau arus kas adalah aliran uang yang mengalir mulai dari kita mendapatkan uang tersebut, menyimpannya, mengembangkannya, dan mengeluarkannya dengan secara teratur, bijak dan disiplin.
Pengetahuan akan cashflow wajib diketahui agar keuangan keluarga kita tidak akan kacau balau dan terpantau. Ada sebuah ungkapan yang cukup menarik “tidak peduli keuangan Anda sedang defisit, yang penting Anda tahu kemana mengalirnya uang tersebut.” Mari kita bahas diagram cashflow sebagai berikut :

Pendapatan
Pendapatan (income) adalah kegiatan yang bertujuan memasukkan uang/harta. Biasanya pendapatan dapat diperoleh dari dua aktivitas, yaitu Gaji dan Investasi.
Gaji diperoleh dari status kita sebagai pegawai/karyawan/professional/konsultan. Dalam sebuah keluarga gaji ini bisa diperoleh oleh suami dan istri yang bekerja.
Hasil Investasi diperoleh dari aktivitas kita dalam mengembangkan uang/harta dalam berbagai cara. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan berinvestasi yaitu Deposito, Properti, Saham, Hasil Usaha, Reksadana, Obligasi, dll.
Nah, seluruh pendapatan kita tersebut biasanya disimpan dalam bentuk tunai atau di bank/ATM.

Pengeluaran
Pengeluaran berarti seluruh kegiatan yang mengakibatkan uang kita berkurang. Dari diagram kita bisa melihat banyak sekali kebutuhan akan pengeluaran keluarga kita. Sehingga bila tidak diatur dengan baik maka bakal membuat keuangan keluarga menjadi kacau dan bila sudah kronis dapat menuju ke jurang kebangkrutan.
Secara umum sebuah keluarga memiliki beberapa pengeluaran seperti Pengeluaran Rumah Tangga, Cicilan Utang, Premi Asuransi, Pembantu Rumah Tangga, Keperluan Anak, Transportasi, Zakat/Pajak, Hiburan/Rekreasi, Kegiatan Sosial, Fashion, dan sebagainya.

Bila kita perhatikan selama ini, kesalahan yang sering dilakukan oleh kebanyakan keluarga adalah hanya berkutat pada pendapatan yang berasal dari gaji yang terus-menerus dikuras untuk menutupi pengeluarannya. angat sedikit dari keluarga kita yang mulai melakukan aktivitas-aktivitas investasi sebagai sumber pendapatan keluarganya. Padahal bila kita rajin melakukan investasi, maka hasil dari investasi tersebut sebenarnya sudah dapat menutupi segala macam pengeluaran kita, bahkan bisa jauh lebih besar dari gaji yang kita terima selama ini.
Uraian di atas adalah sebuah kondisi ideal yang selayaknya dicapai oleh setiap keluarga. Bila keluarga Anda saat ini masih bergantung sepenuhnya pada aliran pemasukan dari gaji setiap bulan, maka sudah waktunya untuk sedikit demi sedikit menyisihkan uang Anda agar bisa membuat aliran pemasukan baru yang berasal dari Investasi.

3 komentar:

Nur Yasir mengatakan...

pertaX agan. asal kita jangan seperti pepatah lebih besar pasak dari pada tiang. :)

VB Motor Company mengatakan...

Sangat lengkap banget artikelnya.namun paling berat adalah menjaga konsistenis dalam mengatur cash flow keuangan keluarga

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Christ mengatakan...

Tahukah Anda bahwa Anda bisa hack mesin ATM apapun !!!
Kami memiliki kartu ATM terprogram khusus yang bisa digunakan untuk meng-hack setiap mesin ATM, kartu ATM ini dapat digunakan untuk menarik diri di ATM atau swipe, toko, dan gerai. Kami menjual kartu ini kepada semua pelanggan dan pembeli yang berminat di seluruh dunia, kartu tersebut memiliki batas penarikan harian sebesar $ 2.000 di ATM dan batas pengeluaran hingga $ 50.000 di toko. dan juga jika Anda membutuhkan layanan hacking cyber lainnya, kami hadir untuk Anda kapan saja kapan saja, Perhatikan bahwa kami berada di Amerika Serikat di Amerika dan kami juga berada di Kenya dan Nigeria.
 
Berikut adalah daftar harga kami untuk kartu ATM:
BALANCE PRICE
$ 4.500 ---------------- $ 150
$ 7000 ---------------- $ 240
$ 10,000 ------------- $ 650
$ 20.000 ------------- $ 1.200
$ 35.000 -------------- $ 1.900
$ 50.000 ------------- $ 2.700
$ 100.000 ------------- $ 5.200
  Harga sudah termasuk ongkos kirim, pesan sekarang: via email ... (job.blankatmcard@gmail.com)

Posting Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!