Subscribe:

Jumat, 24 Februari 2012

Tips Pengelolaan Keuangan untuk Pengantin Baru


Berikut ini beberapa tips untuk membantu perencanaan keuangan :
  • Sejarah buruk dalam kredit yang dimiliki oleh satu orang dapat memengaruhi sejrah kredit pasangannya. Kalau sejarah buruk muncul karena kartu kredit, lunasi segera, lalu buat kartu kredit dari bank lain. Sejarah buruk yang dibiarkan berjalan bisa membuat seseorang masuk ke dalam daftar hitam (black list) Bank Indonesa.
  • Punya rekening gabungan berarti mengurangi biaya administrasi, tapi berarti akan lebih banyak negosiasi. Tips-nya, buat rekening gabungan untuk pengeluaran rumah tangga dan tabungan. Rekening pribadi dipertahankan untuk pengeluaran pribadi.
  • Ada asuransi? Untuk asuransi kesehatan, coba hitung untung-rugi punya asuransi untuk keluarga atau satu asuransi untuk setiap anggota keluarga. Untuk asuransi kendaraan dan rumah, pilih asuransi paling baik yang bisa Anda bayarkan preminya. Asuransi lain yang boleh diperhitungkan adalah asuransi jiwa untuk memastikan pasangan tetap terjamin ketika hal buruk terjadi pada Anda.
  • Cari perencanaan pensiun sesegera mungkin. Semakin cepat, semakin baik. Tanya apakah perusahaan Anda memiliki fasilitas ini. Jika tidak, banyak kok badan keuangan yang menyediakan jasa ini.
  • Kalau Anda hendak beli rumah, rencanakan cicilan KPR yang tidak akan membebani keuangan. Seluruh cicilan usahakan sekitar sepertiga dari total pendapatan. Anda bisa menggunakan simulasi KPR yang ada di Internet untuk mengetahui besarnya cicilan yang harus dibayar tiap bulan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Pasang Link Kamu Disini!!!